Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Animasi Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA

Mifta Meylinda, Desy Hanisa Putri, Eko Risdianto

Abstract


Problem Based Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi peserta didik untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media animasi berbasis Canva terhadap hasil belajar fisika SMA. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan Design Nonequivalent Control Group Design. Sampel dipilih dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket respon. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh kesimpulan adanya pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media animasi berbasis Canva terhadap hasil belajar fisika di SMA dengan kategori sedang dengan dibuktikan nilai effect size sebesar 0,80 dan respon siswa terhadap pembelajaran fisika model  Problem Based Learning (PBL) berbantuan media animasi berbasis canva berada pada kategori baik dengan persentase 74% .

Full Text:

PDF

References


Abd Rahman B P, Munandar S A, Fitriani A, Karlina Y and Yumriani 2022 Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan Al Urwatul Wutsqa : Kajian Pendidikan Islam 2 1–8

Risdianto E, Yanto M, Kristiawan M and Gunawan G 2020 Respon Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap MOOCs berbantuan Augmented Reality Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 1487–500

Hanisa Putri D, Risdianto E and Hamdani D 2022 DIKDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Penerapan Model Blended Learning Pada Pembelajaran Fisika di SMAN 3 Bengkulu Utara 1 1–4

Adelia R, S S and Wahyuni Agus 2017 Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Melalui Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika 2 253–8

Supardi, Leonard, Suhendri H and Rismurdiyati 2015 Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Supardi 2 71–81

Arifin S, Abidin N and Al Anshori F 2021 Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya terhadap Pengembangan desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 7 65–78

Saputri A G and Trihantoyo S 2022 Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Perspektif Merdeka Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 10 352–63

Nafi’ah J, Faruk dukan jauhari and Mutmainah S 2023 KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH Jamilatun 01 1–23

Suci N and dkk 2019 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI OPTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika 6–10

Basri M 2021 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL 211–21

Sandari T 2020 ANALISIS MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA N 1 BATANGHARI Edu Fisika Jurnal Pendidikan Fisika 5

Raimah 2021 Penggunaan Model Problem Based Learning Berbasis Media Animasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik Sma Negeri 1 Kutapanjang Pada Materi Gelombang Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 2 10–5

Furqan B Al, Darvina Y and Sari Y 2019 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA DAN GELOMBANG MEKANIK Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Padang Jurusan Fisika FMIPA Univers Pillar of Physics Education 12 697–704

Gunawan C W, Risdianto E and Putri D H 2023 Development of Canva Aplication based E–Magazine on Static Fluids to Improve Student Motivation Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ) 5 116–25

Utami P A and Roektiningkroem E 2018 Pengaruh strategi service learning bermodel problem based learning terhadap problem solving skills dan sikap ingin tahu siswa E-Journal Pendidikan IPA 7 386–92

Usmadi U 2020 Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas) Inovasi Pendidikan 7 50–62

Aulia I A, Yusrianto E, Putri M D, Studi P, Fisika P and Samudra U 2023 Journal of Natural Science Learning Journal of Natural Science Learning 02 8–14

Paradina D, Connie C and Medriati R 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X Jurnal Kumparan Fisika 2 169–76

Sugiyono 2013 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D ed Sugiyono (Bandung: PENERBIT ALFABETA, CV) p X+334

Tanjung R S, Munajat M dadang and Novianti E 2022 PENGARUH FAKTOR PENDORONG DAN PENARIK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE DEVOYAGE BOGOR Jurnal Inovasi Penelitian 3 7059–72

Sholikha S N and Fitrayati D 2021 Integrasi Keterampilan 4C dalam Buku Teks Ekonomi SMA/MA Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 2402–18




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.17871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats