Penggunaan Virtual Laboratory berbasis PhET Simulation Untuk Menentukan Konstanta Wien

Irnin Agustina Dwi Astuti, Santy Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai konstanta Wien dengan menggunakan virtual laboratory yaitu PhET Simulation. PhET merupakan rangkaian simulasi interaktif yang sangat menguntungkan dalam pengintegrasian teknologi komputer ke dalam pembelajaran atau eksperimen. Alat dan bahan yang digunakan pada eksperimen ini diantaranya yaitu laptop dan software PhET Simulation. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah dengan analisis regresi liniear  yaitu hubungan antara panjang gelombang dengan suhu. Semakin tinggi suhu maka panjang gelombangnya semakin kecil. Nilai konstanta Wien yang diperoleh sebesar 0,003 mK, dengan ralat relatif sebesar 3,4 %. Hal ini mendekati dengan nilai teori yaitu 0,029 mK dan membuktikan bahwa dengan menggunakan PhET Simulation sangat efektif untuk analisis eksperimen.

Full Text:

PDF

References


Astuti I A D and Bhakti Y B, 2018 Interactive Learning Multimedia Based Microsoft Excel on The Temperature and Heat Unnes Sci. Educ. J. 7, 80 p. 1–6.

Astuti I A D, 2016 Pengembangan Alat Eksperimen Penentuan Percepatan Gravitasi Bumi Berdasarkan Teori Bidang Miring Berbasis Microcomputer Based Laboratoy (Mbl) Faxtor Excata 9, 2 p. 114–118.

Yusuf A M, 2015 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Mata Kuliah Fisika Modern Materi Radiasi Benda Hitam J. Sains dan Pendidik. Fis. 11, 1 p. 57–71.

Sutarno Erwin and Hayat M S, 2017 Radiasi Benda Hitam dan Efek Fotolistrik Sebagai Konsep Revolusi Saintifik Dalam Perkembangan Teori Kuantum Cahaya J. Ilm. Multi Sci. IX, 2 p. 51–58.

Amin M, 2016 Perancangan alat peraga hantaran kalor secara radiasi untuk menentukan panjang gelombang J. Sains Terap. 2, 2 p. 113–118.

Mubarrok M F and Mulyaningsih S, 2014 Penerapan Pembelajaran Fisika pada Materi Cahaya dengan Media PhET Simulations Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP J. Inov. Pendidik. Fis. 3, 1 p. 76–80.

Swandi A Nurul S Lj H and Pembelajaran A M, 2014 Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu , Jeneponto J. Fis. Indones. XVIII, 52 p. 20–24.

Prihatiningtyas S Prastowo T and Jatmiko B, 2013 Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik J. Pendidik. IPA Indones. 2, 1 p. 18–22.

Fithriani S L Halim A and Khaldun I, 2016 Penggunaan Media Simulasi Phet Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Kalor Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. J. Pendidik. Sains Indones. 4, 2 p. 45–52.

Astuti I A D, 2016 Pengembangan Alat Eksperimen Cepat Rambat Bunyi Dalam Medium Udara Dengan Menggunakan Metode Time of Flight (TOF) dan Berbantuan Sftware Audacity Unnes Phys. Educ. J. 5, 3 p. 18–24.

Lailiyah E, 2009 Perbandingan efektivitas metode simulasi javascript terhadap demonstrasi dan ceramah dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk materi pemuaian dan wujud zat J. pembelajaran Fis. Sekol. menengah 1, 1 p. 9–13.

Saparullah, 2017, Rancang Bangun Sistem Penentuan Temperatur Nonkontak Berdasarkan Hukum Pergeseran Wien, Skripsi Program Studi Fisika Uiversitas Negeri Yogyakarta, p.1-300.

Astuti I A D Sumarni R A and Bhakti Y B, 2018 Penggunaan Video Based Laboratory (VBL) dalam Menentukan Nilai Modulus Elastisitas Penggaris Aluminium Unnes Physics Education Journal Unnes Phys. Educ. J. 7, 1 p. 91–96.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.2487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F) Indexed by:

             

 

Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F) ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online)

Creative Commons License
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JP2F Stats