Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Mind Mapping dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Usaha dan Energi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Mind Mapping terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al Husna pada tahun 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Penelitian ini menggunakan desain rancangan nonequitevalent control group design. Populasi penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas X MIA SMA Al Husna. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan mengambil 2 kelas secara tidak acak yang terdiri dari 65 peserta didik. Kelas X MIA 1 adalah kelas eksperimen. Kelas X MIA 2 adalah kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan 6 soal tes essay kemampuan pemecahan masalah yang telah dinyatakan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika pada pesera didik kelas X khususnya pada X MIA 1 dan X MIA 2. Uji normal gain pada kelas eksperimen sebesar 0,36 dan dikategorikan sebagai G Sedang, dan pada kelas kontrol sebesar 0,15 dikategorikan sebagai G rendah. Pengujian hipotesis diperoleh 0,00 0,05 hal ini disimpulkan H1 diterima dan H0 ditolak sehingga model Problem Based Learning (PBL) berbantu mind mapping pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional.
Full Text:
PDFReferences
Heikkilä A and Maijala V 2016 A Qualitative Systematic Review Protocol Jbi Database Of Systematic Reviews And Implementation Reports 14 5 68–74
Sujarwanto A dan Hidayat W P 2014 Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 1 p 65–78.
Gök Tolga and Silay İ 2008 Journal Of Theory & Practice In Education 4 2 p 253-266
Aenahar N 2019 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kaluni 490-497 (Universitas Indraprasta PGRI: Seminar Nasional Pendidikan Kaluni)
Suhandi A and Wibowo F C 2012 Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 1 p 1–7
Utami I S, Septiyanto R F, Wibowo F C dan Suryana A 2017 Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 6 1 p 67-73
Pratama N D S, Suyudi A, Sakdiyah H dan Bahar F 2017 Jurnal Riset Pendidikan Fisika 2 2 p 82–88
Kurniawati 2010 Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika (Skripsi) (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)
Herzon H H, Budijanto and Utomo D H 2018 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3 1 p 42–46
Sani 2014 Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013 (Jakarta: Bumi Aksara)
Darman D R 2016 Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika 2 1 p 72-86
Osman K and Kaur S 2014 Journal Of Mathematics, Science & Technology Education 10 3 p 185-194
Purnamasari 2015 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk pada Pokok Bahasan Peluang (Skripsi) (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)
Bukit N dan Sirait M 2019 Jurnal Pendidikan Fisika 8 1 p 57-67
Indarwati D Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 30 1 p 17–27
Arahmat Y, Suratno S and Wahono B 2017 Jurnal Pancaran Pendidikan 6 2 p 125-132
Girsang R A dan Sahyar S 2016 Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan 2 4 p 56–63
Septiyanto R F dan Darman D R 2018 Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika 4 1 p 13–22
DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]