Penerapan Blended Learning Berbasis STEM Untuk Ketercapaian High Order Thinking Skills Siswa pada Materi Hukum Kepler

Husnaini Inayatullah, Rudi Haryadi, Yudi Guntara

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning bebasis STEM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Penting dalam mengambil penelitian ini agar kemampuan HOTS untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cikulur, Penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan menggunakan metode penelitian secara kuantitatif, Hasil penelitian yang didapat yaitu Ketercapaian siswa terhadap HOTS untuk kelas eksperimen termasuk kedalam kategori yang sedang dengan persentase ketercapaian sebesar 75% dan untuk kelas kontrol termasuk kedalam kategori sedang dengan persentase 61%.

 

Kata Kunci : Berpikir tingkat tinggi, Blended Learning, STEM


Full Text:

PDF

References


Hutauruk, A. J. B., & Priatna, N. (2017). Mathematics Learning Process with Science , Technology , Engineering , Mathematics ( STEM ) Approach in Indonesia Mathematics Learning Process with Science , Technology , Engineering , Mathematics ( STEM ) Approach in Indonesia.

Jani, J., Muszali, R., Nathan, S., & Abdullah, M. S. (2018). Blended Learning Approach Using Frog Vle Platform Towards Students’ Achievement in Teaching Games for Understanding. J Fundam Appl Sci, 10(5S), 1130–1141. https://doi.org/10.4314/jfas.v10i5s.94

Lilik Mutrofin , Mohamad Nur, L. Y. (2016). DEVELOPING TEACHING MATERIALS USING 5E MODEL OF INSTRUCTION TO INCREASE STUDENTS ’. 5(2).

Nazarenko, A. L. (2015). Blended Learning vs Traditional Learning : What Works ? ( A Case Study Research ). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 200(October), 77–82. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.018

Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. 23–34.

Vijayaratnam, P. (2012). Developing Higher Order Thinking Skills and Team Commitment via Group Problem Solving : A Bridge to the Real World. 66, 53–63. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.247

Witri, S., & Tambunan, L. R. (2019). Deskripsi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Kelas X SMAN 2 Tanjungpinang. (2), 155–160.




DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.7804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Copyright of Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika ISSN 2086-2407 (print), ISSN 2549-886X (online)


Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Email: [email protected]

View My Stats