Penerapan teori Bruner dalam pembelajaran menentukan gradien garis lurus berbantuan PhET simulation

Muhammad Puji Ariyanto, Jayanti Putri Purwaningrum

Abstract


Matematika merupakan ilmu hitung dan logika yang mendasari ilmu-ilmu yang lain. Pelajaran matematika sendiri dalam konteks kurikulum di Indonesia diajarkan sejak pendidikan tingkat dasar sampai menengah. Akan tetapi, banyak siswa yang kurang memahami konsep belajar matematika, terutama pada materi menentukan gradien garis lurus, sehingga mereka kesulitan untuk memahaminya. Hal itu disebabkan kurangnya media pembelajaran matematika serta langkah pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan studi literasi yang telah dilakukan, diperlukannya penerapan teori belajar yang tepat saat pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi menentukan gradien garis lurus, salah satunya adalah teori Bruner. Selain itu, dalam pembelajaran matematika juga diperlukannya media yang membantu siswa dalam memahami konsep materi, seperti PhET Simulation. PhET Simulation merupakan media simulasi yang memperagakan suatu objek yang dapat memperjelas konsep materi yang disajikan. Media ini dapat menjadi pembantu dalam penerapan teori Bruner selama pembelajaran matematika berlangsung. Dalam teori Bruner dijelaskan bahwa siswa memiliki tahapan khusus dalam belajar, yaitu 1) tahap enaktif dilakukan menggunakan ranting pohon dalam menentukan gradien garis lurus agar siswa memiliki gambaran secara konkret, 2) tahap ikonik dilakukan menggunakan bantuan PhET Simulation yang mensimulasikan bagaimana proses pencarian gradien garis lurus, dan 3) tahap simbolik dengan menggunakan simbol-simbol rumus menentukan gradien garis lurus. Dengan tahapan demikian dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep materi yang sedang dipelajari.

Full Text:

PDF

References


Atiaturrahmaniah, dkk., (2017). Pengembangan Pendidikan Matematika SD. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Deliana, T. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Rengat Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 3(10), 1331-1343. Diakses dari https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/download/631/413

Ifan, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kerucut Berbasis Teori Bruner. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 106-124. Diakses dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/alkhawarizmi/article/download/4501/2956

Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda. (2021). Penggunaan Simulasi PhET terhadap Efektivitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227-236. Diakses dari http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/1587/815

Nuharini, D. & Wahyuni, T. (2008). Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: CV. Wade Group.

Prawiyogy, A. G. (2017). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SD. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 1-9. Diakses dari https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/PGSD/article/view/197/175

Putra, A. P. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sifat-sifat Gradien Bab Persamaan Garis Lurus pada Siswa SMP PGRI Arjosari Kabupaten Pacitan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44-67. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/269963-analisis-kesulitan-siswa-dalam-penyelesa-e38db882.pdf

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamal. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14. doi:10.29303/jipp.v5i1.103.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67. Diakses dari https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117/94

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sundari & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda, 3(2), 128-136. Diakses dari https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/download/1206/677/

Sylviani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PhET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184

Umam, K., Suryawati, S., & Septiana, E. (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Serambi Akademica, 5(2), 1-6. Diakses dari http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/325/300

Umam, M. K. (2020). Implementasi Teori Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V MI Tholibin pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. el MUBTADA: Journal Of Elementary Islamic Education, 11-24. Diakses dari https://jurnal.staiba.ac.id/index.php/el-Mubtada/article/download/011/180

Wahyusi, E. & Sinaga, B. (2021). Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII-Alrusyd di SMP Swasta Islam Terpadu Khairul Imam Medan. Jurnal Fibonaci, 2(1), 1-12. Diakses dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JFi/article/download/28663/pdf

Wiradintana, R. (2018). Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku (Behavioural Approach). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 47-51. Diakses dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/download/919/543

Yayuk, E., dkk. (2018). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87-94. Diakses dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/download/2725/2742




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.10764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats