Profil siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan pemahaman konsep matematika

Dhian - Endahwuri, Trisna Fifit Aziyah, Aryo Andri Nugroho

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan pemahaman konsep matematika. Profil siswa kelas VIII dapat dilihat dari menyelesaikan sol cerita berdasarkan pemahaman konsep matemtika siswa dengan pemahaman konsep tinggi, pemahaman konsep sedang , dan pemahaman konsep rendah.Ada 4 tahapan penyelesaian soal cerita sesuai dengan tahapan poly, yaitu :memahami soal, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan soal sesuai rencana, dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII I SMP N 9 Semarang yang selanjutnya dengan menggunakan teknik purpose diperoleh 3 subjek dengan pemahaman konsep matematika tinggi, pemahaman konsep mtematika sedang, dan pemahaman konsep matematika rendah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep, tes soal cerita, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi Pengumpulan Data, Reduksi data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Siswa dengan pemahaman konsep tinggi dalam menyelesaikan soal cerita memenuhi semua indikator menyelesaikan masalah (pemecahan masalah) yaitu (2) Siswa dengan pemhaman konsep sedang mampu memenuhi tiga dari empat indikator menyelesaikan masalah (3) Siswa dengan pemahaman konsep rendah mampu memenuhi dua dari empat indikator menyelesaikan masalah.

 

Kata kunci: pemahaman konsep; pemecahan masalah; soal cerita


Full Text:

PDF

References


Argarini, D. F. (2018). ANALISIS PEMECAHAN MASALAH BERBASIS POLYA PADA MATERI PERKALIAN VEKTOR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. 6(1), 91–99.

Cengiz, A. . M. D. (n.d.). SOLVING A STABILITY PROBLEM BY POLYA ’ S FOUR. 1(1).

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872

Fu’aidah, W. I., Coesamin, M., & Widyastuti. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematis dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(September), 878–889.

Jhahro, K. F. (n.d.). PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMECAHAN MASALAH SOAL GEOMETRI POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF SISWA Kholif. 2018.

Kumaidah, A. (2015). SKRIPSI (Issue 2504).

Mahardiningrum, S. A. . R., & Novisita. (2018). PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PANGUDI LUHUR SALATIGA DITINJAU DARI BERPIKIR KRITIS. 7, 75–84.

Mawazi. (2019). Kemampuan pemecahan masalah berdasarkan pemahaman konseptual siswa materi operasi bilangan rasional.

Ningrum, A. P. (2015). PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 3(1), 27–36. http://lppm.stkippgri-sidoarjo.ac.id/files/PEMAHAMAN-SISWA-DALAM-MENYELESAIKAN-SOAL-CERITA-PADA-MATERI-BILANGAN-BULAT-BERDASARKAN-KEMAMPUAN-MATEMATIKA.pdf

Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41.

Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ). 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Sulestry, A. I., & Meliyana, S. M. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Bulukumba. 03, 212–220.

Zuliana, E. (2017). Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Peraga Manipulatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.269




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.11427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats