PENGEMBANGAN E-MODULE DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Ida Safitri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya kesulitan-kesulitaan yang dialami siswa. Salah satunya Kendala belajar siswa yang berkaitan dengan konsep bangun ruang sisi datar merupakan suatu masalah yang perlu mendapat perhatian. Apabila kendala ini tidak segera diatasi, maka diperkirakan siswa akan mengalami kendala dalam belajar matematika karena sejumlah konsep matematika terkait dengan konsep bangun ruang sisi datar. Untuk itu diperlukan suatu media pembelajaran yang cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu media pembelajaran berupa E-Module dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan flipbook maker sehingga menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan selama pembelajaran berlangsung. Serta mengetahui adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan E-Module dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan flipbook maker dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII Mts.WALISONGO Pecangaan tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah ADDIE. Sesuai dengan namanya, ADDIE terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan angket dan tes tertulis. Hasil penilaian oleh ahli media dan ahli materi terhadap media, masing-masing menunjukan persentase 91,88% dan 98,67% yang berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil tanggapan siswa menunjukan persentase 89,66% yang berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji hipotesis data akhir diperoleh thitung = 2,500 dan ttabel = 1,667. Maka thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak. Artinya hasil belajar siswa yang menggunakan e-module dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan flipbook maker lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats