PENGEMBANGAN MODUL DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTU LKS DAN PUZZQUARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI SEGIEMPAT SMP

Fitriyatun Nasihah, Suyono Suyono, Supandi Supandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu bahan ajar berupa modul dengan model problem solving berbantuan LKS dan Puzzquare pada pokok bahasan segiempat sehingga menghasilkan media yang layak dan efektif digunakan selama pembelajaran berlangsung serta diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Penelitian ini dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama untuk pengembangan produk menggunakan modifikasi model ADDIE dan tahap kedua untuk menguji keefektifan produk melalui tes uji coba dengan desain Posttest-Only Control Desain. Kegiatan analisis data meliputi analisis uji validasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari penghitungan diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 77,63 dan kelas kontrol = 70,23. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah bahan ajar matematika dengan model problem solving berbantuan LKS dan Puzzquare pada pokok bahasan segiempat (Luas bangun segiempat) yang dikembangkan ini layak dan efektif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats