EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) DAN NESTED BERBANTUAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA SISWA SMA N 2 PEKALONGAN

Moh. Aminudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan menakutkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran teacher center. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menerapkan suatu model pembelajaran berupa model TPS dan Nested berbantuan kartu soal materi statistika, sehingga dapat menghasilkan model, media pembelajaran yang layak dan efektif digunakan selama proses pembelajaran, serta diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model dan media pembelajaran, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Setelah didapat data akhir dilakukan perhitungan uji anava, uji t dua pihak, dan uji t satu pihak. Hasil penelitian terdapat perbedaan model pembelajaran TPS, model pembelajaran Nested dan model konvensional. Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik dari pembelajaran konvesional dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Nested lebih baik dari pembelajaran konvesional. Namun tidak ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TPS dengan model pembelajaran Nested berbantuan kartu soal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS dan Nested berbantuan kartu soal lebih efektif dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistika.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v6i2.1400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats