EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS CD INTERAKTIF AURORA 3D DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS CD INTERAKTIF AURORA 3D TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET

Dian Pramuditya Subara

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin baik di dunia pendidikan tetapi masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh para pendidik, karena masih banyak pendidik yang menggunakan pembelajaran konvensional sehingga hasil belajar siswa pada pelajaran matematika rendah.
Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis CD Interaktif Aurora 3D, model pembelajaran JIGSAW berbasis CD Interaktif Aurora 3D dan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa yang telah ditetapkan pada pokok bahasan barisan dan deret kelas XI Semester I SMA Negeri 2 Mranggen Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Mranggen dengan mengambil subyek penelitian kelas XI. Ada tiga kelas dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen 1, Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen II dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas control. Data awaal diambil dari tes pemahaman sebelum masuk materi. Instrument penelitian berbentuk soal uraian pada pokok bahasan yang telah diuji validitas, realibilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda.
Hasil penelitian dari hasil uji t (hipotesis II) diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,602 > 1,67 menunjukkan bahwa hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Aurora 3D lebih efektif dari model pembelajaran konvensional. Dan hasil uji t (hipotesis III) diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,724 > 1,67 menunjukkan model pembelajaran JIGSAW berbantu Aurora 3D lebih efektif dari model pembelajaran konvensional serta uji t dua pihak (Hipotesis IV) diperoleh - t table < hitung < ttabel yaitu =0,679 < 0,315 < 0,679 ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belaja model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Aurora 3D dan model pembelajaran JIGSAW berbantu Aurora 3D.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu Aurora 3D dan model pembelajaran JIGSAW berbantu Aurora 3D lebih efektif dari model pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v7i1.1410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats