ANALISIS JENIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN MASALAH FAKTORISISASI SUKU ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 35 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Septiyana Dwi Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah faktorisasi aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 35 Semarang. Data-data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan triangulasi data bahwa dari 27 subjek penelitian, sebanyak 3 dari 27 siswa melakukan jenis kesalahan reading errors,  17 dari 27 siswa melakukan jenis kesalahan planning errors, 23 dari 27 siswa melakukan jenis kesalahan skill errors dan 25 dari 27 siswa melakukan jenis kesalahan finishing errors. Adapun penyebab dari banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa adalah kurang terbiasanya siswa mengerjakan masalah-masalah yang disajikan berupa masalah atau sol non rutin.

 

Kata kunci : Jenis Kesalahan, Penyelesaian masalah, Faktorisasi Aljabar.


Full Text:

PDF

References


Akhadya, W. N., & Wijaya, A. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dengan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (Doctoral Dissertation, UNY).

Fahradina, N., & Ansari, B. I. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Didaktik Matematika, 1(2).

Hermawan, A. (2014). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viic Smp Muhammadiyah 1 Mlati Pada Materi Pecahan Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Visual Auditori Kinestetik (Doctoral dissertation, UNY).

Lestari, S. (2014). Penerapan Strategi Grup Investigasi Dengan Pendekatan Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (PTK Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Muhammadiyah 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Puspitasari, N. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Ditinjau dari Taksonomi SOLO Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambi. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Simanungkalit, R. H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Siswa Smp Negeri 12 Pematangsiantar (Doctoral dissertation, UNIMED)

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sulistiyoningsih, T., Kartono, K., & Mulyono, M. (2015). Pbl Bernuansa Adiwiyata Dengan Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Karakter Peduli Lingkungan. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v8i1.1512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats