PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LIMIT FUNGSI MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORRAY BAGI PESERTA DIDIK XI IPA 4 SMA N 1 MAYONG

Norkhamid Norkhamid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi limit fungsi bagi peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Mayong Semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar tersebut. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 2 siklus, dengan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan data antar siklus. Hasil penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Course Review Horray  dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi limit fungsi bagi peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Mayong semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dan terjadi peningkatan hasil belajar matematika sebesar 17,65% yaitu pada siklus I yang tuntas 70,59 % peserta didik menjadi 88,24% pada siklus II setelah menerapkan model pembelajaran Course Review Horray. pada materi limit fungsi   bagi peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Mayong semester genap tahun pelajaran 2015/2016.

.

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Limit fungsi, Course Review Horray.


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.

Anggraeni, Dessy(2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray (CRH) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Sekaran Semarang. http;//jurnal.unnes.ac.id/.../tif/article/download/1681/1887 (diunduh 9 April 2016)

Bachman,Edmund.2014. Metode Belajar Kritis dan Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka

Djamarah, syaiful. 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul.2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Mayong Tahun Pelajaran 2015/2016.

Made Marteni Dewi, Ni, dkk(2014). Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horray (CRH)terhadap hasil belajar IPA pada Kelas V SD tahun pelajaran 2013/2014 di gugus IV kecamatan Buleleng, http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=48365 (diunduh 9 April 2016)

Permendiknas Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006.

Rohana, Indarwati, dkk(2013) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horray (CRH) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. http://ejournal.unri.ac.id/...dex.php/JPSB/article/view/1877 (diunduh 9 April 2016)

Sumardyono.2004. Karakteristik Matematika dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Uno, B Hamzah. 2011, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta : Bumi Aksara.

Wulandari, Dian. dkk(2013). Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Siswa melalui Metode Course Review Horray (CRH) pada materi VIII-A SMPN Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. http://Jurnal.onlie.um.ac.id.article76CC7A6937794C670F (diunduh 9 April 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v8i2.1837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats