PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MATRIK MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENS (TGT) PESERTA DIDIK KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 3 PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tri Utoyo

Abstract


Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah : Untuk mengetahui penerapan pembelajaran model Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 3 Pati tahun pelajaran 2016/2017. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan II. Pelaksanaan tahap-tahap ini dibagi menjadi 2 siklus dalam penelitian tindakan kelas (Action Research) yaitu siklus I dan II, masing-masing siklus meliputi : Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Acting), Observasi (Observing), dan Refleksi (Reflecting).

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dari nilai KKM 75 hasil belajar  peserta didik terlihat meningkat dibanding dengan kondisi awal yaitu hanya 11 peserta didik sebesar (32,35%) diatas KKM  telah mengalami peningkatan menjadi 24 peserta didik sebesar (70,58%) pada siklus I dan meningkat 34 peserta didik sebesar (100%) pada siklus II.

Saran yang dapat diberikan peneliti antara lain : Untuk meningkatkan situasi pembelajaran yang menyenangkan maka diperlukan model pembelajaran inovasi seperti Teams Games Tournamens (TGT).

Kata kunci :  Matrik, Teams Games Tournaments (TGT)

 

Abstract

The purpose of this research is: To know the application of learning model Teams Games Tournaments (TGT) can improve the motivation and learning outcomes of students of class XII IPS 1 SMA Negeri 3 Pati academic year 2016/2017. The learning process is carried out with 2 cycles ie cycle I and II. The implementation of these stages is divided into 2 cycles in Action Research which are cycle I and II, each cycle includes: Planning, Acting, Observing, and Reflecting.

The results of this study explain that the value of KKM 75 learning outcomes of students visible increase compared with the initial condition that only 11 students (32.35%) above KKM has increased to 24 students (70.58%) in cycle I and increased 34 students (100%) in cycle II.

Suggestions that can be given by researchers include: To improve the learning situation is fun then needed innovative learning models such as Teams Games Tournamens (TGT). This innovative learning model can be used to improve students' learning achievement in matrix reading materials.

Keywords : Matrix, Teams Games Tournaments (TGT).



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Burhanudin, dkk. 2004. Akuntansi Mahir dan Kecakapan Hidup. Jakarta: Ganeca Exact.

Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjana, 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Ganeca Exact.

Sugiyanto. 2007. Model Inovasi Pembelajaran. Surakarta : UNS Press.

Sutopo, HB. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif : Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v8i2.1838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats