Efektivitas metode gasing berbantuan media uno pintar (untar) terhadap hasil belajar matematika

Laila Farikhatul Hidayah, Wulan Sutriyani, Erna Zumrotun

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adannya masalah yang ditemui di sekolah, khususnya pada siswa kelas III SDN 3 Sekuro yang mengalami kesulitan saat mempelajari operasi hitung pembagian matematika, dikarenakan metode pembelajaran konvensional, dimana penjelasan materinya hanya terfokus pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dari permasalahan yang didapatkan di kelas III melalui penerapan metode Gasing berbantuan media uno pintar (Untar) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SD . Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Sekuro yang terletak di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Adapun objek penelitian ini yakni siswa kelas III SDN 3 Sekuro yang jumlahnya 10 siswa terdiri oleh 5 putra dan 5 putri. Jenis penelitian studi kuantitatif eksperiment dengan teknik penghimpunan data berupa tes melalaui pretest dan postest. Teknik analisis data mengunakan pengujian normalitas, homogenitas serta hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menjelaskan bahwasanya hasil pengujian hipotesis nilai t-hitung pada postest senilai 17,516 > t-tabel 1,8595 yang menandakan H0 ditolak dan Ha diterima. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dimana nilai pretest paling tinggi yakni 70 dan nilai paling rendah siswa yakni 30 dengan rata- rata nilai 47,5. Sementara nilai posttest paliing tinggi 100 dan paling rendah 50 dengan rata – rata nilai 85. Maka disimpulkan bahwasanya pemakaian metode Gasing berbantuan media uno pintar (Untar) efektif guna meningkatkan  hasil belajar siswa kelas III SDN 3 Sekuro.


Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., Sari, R. N., Abadi, A. M., & Mahmudi, A. (2020). Dominant factors that cause students’ difficulties in learning abstract algebra: A case study at a University in Indonesia. International Journal of Instruction, 14(1), 847–866. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14151A

Ansori, M., & Iswati, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Airlangga University Press.

Damopolii, J. K., Rorimpandey, W., & Ester, K. (2024). Penggunaan metode gasing dalam meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung perkalian pada murid kelas III SDN Inpres 6/84 Walehunian Sagerat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(3), 1042–1052. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10851212

Dewi, Y. P., Sridana, N., Baidowi, B., & Sripatmi, S. (2021). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kempo. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 254–262. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/griya.v1i2.47

Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) modifikasi metode gasing terhadap hasil belajar matematika siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1033–1042. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.386

Fitri, F. A., & Zumrotun, E. (2024). Pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan media papan berpaku pada materi bangun datar di kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 8(1), 91–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6837

Hui, H. B., & Mahmud, M. S. (2023). Influence of game-based learning in mathematics education on the students. Frontiers in Psychology. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1105806

Jamilah, S., & Kesuma, T. B. (2023). Perbandingan hasil belajar menggunakan model pembelajaran numbered head together (NHT) berbantuan media permainan uno stacko dan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media gambar pada pembelajaran sejarah MAN 5 Aceh Besar. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 5494–5503. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.25340

Kandia, I. W., Suarningsih, N. M., Wahdah, W., Arifin, A., Jenuri, J., & Suwarma, D. M. (2023). The strategic role of learning media in optimizing student learning outcomes. Journal of Education Research, 4(2), 508–514. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/193

Khotimah, N. (2020). Implementasi Metode Gasing Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVdi Mi Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. 8–23.

Kusuma, M. W. K., Jampel, I. N., & Bayu, G. W. (2019). Pengaruh metode pembelajaran matematika gasing terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(1), 37. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19330

Kusumaningsih, W., Buchori, A., & Cahyono, H. G. (2020). Uno stacko based on realistic mathematics: A developing learning media of trigonometry. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1), 12044. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012044

Lestari, O. R., & Hardini, A. T. A. (2022). Keefektifan metode matematika gasing dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis perkalian dua digit untuk siswa kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2498–2506.

Li, Y., & Schoenfeld, A. H. (2019). Problematizing teaching and learning mathematics as “given†in STEM education. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-019-0197-9

Mabena, N., Mokgosi, P. N., & Ramapela, S. S. (2021). Factors contributing to poor learner performance in mathematics: A case of selected schools in Mpumalanga province, South Africa. Problems of Education in the 21st Century, 79(3), 451–466. https://doi.org/10.33225/pec/21.79.451

Matulessy, A., Ismawati, I., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834

Mokhtar, N., Xuan, L. Z., Lokman, H. F., & Mat, N. H. C. (2023). Theory, literature review, and fun learning method effectiveness in teaching and learning. International Journal of Social Science and Education Research Studies, 03(08), 1738–1744. https://doi.org/10.55677/ijssers/v03i8y2023-30

Muslimin, A. I., & Harintama, F. (2022). Developing UNO english card game and its’ impact to the EFL students’ descriptive writing performance. Journal of English Linguistics, Literature, and Education, 4(2), 127–138.

Nurbaity, B. A., Pramadi, R. A., & Paujiah, E. (2023). Penggunaan media permainan kartu UNO dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun. Jurnal Edukasi, 1(1), 139–145. https://doi.org/https://doi.org/10.60132/edu.v1i1.98

Prayitno, H. J., & Sari, N. (2023). Development of professional competence of elementary school teachers with multiple intelligences approach in the era of society 5.0. Proceeding The 8th Progresive and Fun Education International Conference, VIII(September), 38–48. https://repository.profunedu.id/index.php/proceeding/article/view/123

Purwari, Y. (2020). Pendekatan saintifik dengan metode gasing pada pembelajaran fisika. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(1).

Putri, R. K., & Roichan, D. I. P. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 surabaya. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7272

Saifuddin, A. (2020). Apakah desain eksperimen satu kelompok layak digunakan? Jurnal Kajian Keislaman Multi Perspektif, 1(1), 1–22. https://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/literasi

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2012). Motivation and self regulated learning. Theory, Research and Aplications. Taylor & Francis Group.

Sitohang, R. D., Purba, N., & Saragih, S. T. (2023). Pengaruh metode gasing terhadap hasil belajar siswa pembelajaran tematik sub tema III pertumbuhan hewan kelas III di UPTD SD Negeri 122365 Pematang Siantar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 9031–9043. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/7521%0A

Sugiyono, P. (2016). Dr. metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, cv, 233.

Sya’adah, U., Sutrisno, S., & Happy, N. (2023). Efektivitas model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantuan kartu soal terhadap minat dan hasil belajar siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(2), 147–158. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.15073

Tarteer, S., & Ismail, I. A. (2020). Investigating the possible reasons beyond students’ low achievement in mathematics in the Tawjihi Exam: A case study. British Journal of Education, 9(January), 20–41. https://doi.org/10.37745/bje.2013

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan media pembelajaran permainan kartu Uno pada pembelaJaran matematika materi satuan panjang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya, 3(3), 955–961. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/qt4mv

Wahyudin, R. D. F., & Imami, A. I. (2022). Analisis motivasi belajar siswa SMP pada pembelajaran matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 363–372. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.5387

Yuliani, N. P., Antari, N. W. A., Wulandari, P. S., Saspanya, K. D., Prayoga, I. W. E. A., Yasa, I. M. B. P., & Werang, B. R. (2024). Effectiveness of applying the GASING method in multiplication of two-digit numbers in elementary schools. Formosa Journal of Applied Sciences, 3(7), 3003–3018. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/fjas.v3i7.9896

Yunus, M., & Kaddas, B. (2023). Methods of early childhood education: Enhancing education quality through fun learning approach. Journal of Research and Multidisciplinary, 6(1), 717–721. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/jrm.v6i1.78




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i3.19766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats