Pengembangan video animasi matematika berbantuan Animaker untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa

Farah Salwa Raihanah, Ibnu Sina, Paridjo Paridjo

Abstract


Pemahaman matematis menjadi salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan siswa selama pembelajaran. Dalam penelitian ini, untuk mendukung proses kegiatan belajar supaya berjalan maksimal maka diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada materi statistika sub bab regresi linear.  Media berbasis video animasi menjadi salah satu bentuk media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dan Pre Exploratory Plan dengan model Pretest-Posttest Control Gathering Configuration. Dengan demikian, didapat hasil pretest dan posttest yang termasuk dalam desain penelitian sehingga hasil percobaan dapat dibandingkan dengan hasil sebelum percobaan. Dasar pengumpulan data pada penelitian ini yaitu validasi penilaian video animasi animaker ahli media dan guru matematika, dan tes pemahaman matematis siswa. Hasil akhir penelitian ini menyatakan bahwa pemahaman matematis siswa meningkat setelah diajarkan menggunakan media video animasi animaker. Hal ini diperoleh melalui hasil presentase layak ahli media pertama 96%, dan ahli media kedua juga 96%. Sedangkan perolehan persentase kelayakan dari guru matematika memperoleh 80%. Hasil analisis perhitungan penggunaan video animasi animaker dilakukan melalui uji-t satu pihak kanan pemahaman matematis dengan . dan  sehingga  maka Ho ditolak dengan kesimpulan terdapat peningkatan pemahaman matematis siswa. Hasil analisis perhitungan berikutnya menggunakan uji N-Gain yang menunjukkan bahwa N-Gain skor pemahaman matematis adalah 0,35 dan masuk dalam kategori sedang.

Kata kunci: Pengembangan Video ; Animaker ; Pemahaman Matematis; Statistika


Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. 2012. Media pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Asmianto, Wahyuningsih, S., Azizah, Qohar, A., & Atan, N. A. (2024). Design of geometry e-module for junior high school students based on gamification using the ADDIE model. AIP Conference Proceedings, 3049(01). https://doi.org/https://doi.org/10.1063/5.0195629

Basilotta-Gómez-Pablos, V., Matarranz, M., Casado-Aranda, L. A., & Otto, A. (2022). Teachers’ digital competencies in higher education: a systematic literature review. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 19(1). https://doi.org/10.1186/s41239-021-00312-8

Buchori, Achmad., dan Murtianto, Yanuar Hery. 2017. Pengembangan comic math dengan pendekatan etnomatematika pada materi kubus dan balok di SMP. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 31-40. Online. https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/1531/1287.

Desmita. 2009. Psikologi perkembangan peserta didik : panduan bagi orang tua dan guru dalam memahami psikologi anak usia SD, SMP dan SMA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gündüzalp, C. (2024). Interactive videos in web-based education: technology proficiency and digital literacy levels. Journal of Theoretical Educational Science, 17(3), 738-764. Online. https://dergipark.org.tr/en/pub/akukeg/issue/86240/1390764

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 24–32. https://doi.org/10.15575/Analisa.xxx.xxx

Lailia, Helmi. 2021. Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas viii pokok bahasan teorema phytagoras di MTs Negeri 6 Mandailing Natal (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan). Online. https://etd.uinsyahada.ac.id/7335/.

Mulyatiningsih, Endang. 2014. Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta

Muntiani, T., Karim, M. B., & Nazarullail, F. 2021. The development of animation video-based learning media for introducing discipline to children aged 4-5 years. Child Education Journal, 3(3), 162-168. Online. https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/2436

Praja, E. S., Setiyani, S., Kurniasih, L., & Ferdiansyah, F. (2021). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smk kelas xi pada materi vektor selama pandemi covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(1), 14–24. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4539

Putri, Ana Visia. E., Sofiana, Nina., dan Hamidaturrohmah, H. (2023). Pengembangan media pembelajaran video math animaker untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas V SD Negeri 5 Sinanggul. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 180-191. Online. https://journal.unpacti.ac.id/index.php/ELIPS/article/view/943/544.

Pramusita, Mutiara Kusuma Ananda, dan Suryono, H. 2024. The urgency of android-based interactive multimedia development to improve high school students collaboration skills. Journal of Education Technology, 8(1). Online. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/75278.

Prasetyowati, Dina. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis humanistik dan konstruktivisme dengan pendekatan savi (somatic auditory visual intellectual) berbantu cd interaktif materi segi empat kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 17-27. Online. https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/2086

Priantini, Dewa Ayu Made Manu O. 2020. The development of teaching video media based on tri kaya parisudha in educational psychology courses. Journal of Education Technology, 4(4), 448-455. Online. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/29608

Puspitarini, Yanuri. Dwi, Muhammad Akhyar, dan Djono. 2019. Development of video media based on powtoon in social sciences. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 198-205. Online. https://dergipark.org.tr/en/pub/ijere/article/518054

Qureshi, M., Mahdiyyah, D., Mohamed, Y., & Ardchir, M. (2022). Scale for measuring arabic speaking skills in early children’s education. Journal International of Lingua and Technology, 1(2), 114–130. https://doi.org/10.55849/jiltech.v1i2.81

Rahmawati, Fahni, dan Ramadan, Zaka H. 2021. Improving high-level thinking skills in students through powtoon-based animation video media. Journal of Education Technology, 5(4), 654-662. Online. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/41037

Reflina, N. A. L. S. (2022). View of pengembangan media pembelajaran matematika sma dengan aplikasi animaker pada materi vektor. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 06, No. 02, Juli2022. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1362/628

Reza, Muhammad dan Tambunan, E. P. S. 2024. Development of animated video on human digestive system material based on animaker application. BIOEDUKASI, 278-288. Online. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BIOED/article/view/48863

Ritonga, Priscila A., Nabila Putri Andini, dan Layla Iklmah. 2022. Pengembangan bahan ajaran media. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 343–348. Online. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/view/2612.

Rizqi, N., Sina, I., Kunci, K., Pembelajaran SFE, M., Proses, K., & Belajar Matematika, P. (2019). Keefektifan model pembelajaran sfe terhadap motivasi, keterampilan proses dan prestasi belajar matematika. In Jurnal Pendidikan Matematika Pancasakti (Vol. 3, Issue 1). http://e-journal.ups.ac.id/index.php/jpmp

Rohaeti, Euis Eti dan Bernard, M. 2018. The students 'mathematical understanding ability through scientific-assisted approach of geogebra software. Infinity Journal, 7(2), 165-172. Online. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/934

Rosdiana, Laily, dan Ulya, R. M. 2021. The effectiveness of the animation video learning earth’s layer media to improve students’ concept understanding. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1899, No. 1, p. 012172). IOP Publishing. Online. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1899/1/012172/meta

Salas-Rueda, R. A., Salas-Rueda, É. P., & Salas-Rueda, R. D. (2020). Analysis and design of the web game on descriptive statistics through the addie model, data science and machine learning. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 8(3), 245–260. https://doi.org/10.46328/IJEMST.V8I3.759

Saputra, H. (2022). Kemampuan pemahaman matematis.

Shafa, Aqila Fairuz dan Yunianta, Tri Nova Hasti. 2022. Pengembangan video pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi Geogebra materi program linear untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1127-1136.

Sidabutar, Natalia Ayu Lestari dan Reflina. 2022. Pengembangan media pembelajaran matematika sma dengan aplikasi animaker pada materi vektor. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 06, No. 02, Juli 2022. Online. https://J-Cup.Org/Index.Php/Cendekia/Article/View/1362/628.

Susongko, Purwo. 2014. Pengantar metodologi penelitian pendidikan. Tegal: Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal.

Susongko, Purwo. 2013. Penilaian hasil belajar. Tegal: Badan Penerbitan Unversitas Pancasakti Tegal.

Ulfa, Rafika. 2021. Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-fathonah. Online. https://jurnal.stitbb.ac.id/index.php/al-fathonah/article/view/44/29.

Widyastuti, E. 2019. Using the addie model to develop learning material for actuarial mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1188, No. 1, p. 012052). IOP Publishing. Online. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1188/1/012052/meta




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i3.20216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats