PENERAPAN METODE BELAJAR KOOPERATIF TYPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN RINGAN-1 SMK NEGERI 5 SEMARANG DALAM MENYELESAIKAN TRIGONOMETRI

Setu budiarjo

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memberi pemecahan kesulitan yang dihadapi siswa kelas X TKR-1(Teknik Komputer Jaringan-1) SMK Negeri 5 Semarang dalam meyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan trigonometri, dengan menggunakan metode belajar kooperatif type Team Assisted Individualization. Sementara ini pembelajaran matematika di SMK yang sudah berjalan adalah dengan pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi (competency-based learning training) yang dikemas secara moduler, dengan harapan siswa dapat menyelesaikan materi pembelajaran sampai tuntas (mastery). Pembelajaran sebelum dilakukan penelitian menggunakan metode  belajar diskusi kelompok, dan pemberian tugas. Dengan menggunakan metode belajar diskusi kelompok dan pemberian tugas hasil belajar siswa kelas X TKJ-1 belum menunjukan hasil sesuai harapan, ini ditunjukan oleh hasil tes formatif pertama siswa yang tuntas 15 siswa atau 45,45% dari 33 siswa dan nilai rata-rata kelas 62,70.

Hasil penelitian pada siklus 1, hasil belajar siswa meningkat ini ditunjukan oleh banyaknya siswa yang tuntas pada tes formatif kedua, ada 22 siswa dari 33 siswa atau 66.67% dan nilai rata-rata kelasnya 73,79. Pada siklus 2, hasil belajar siswa juga meningkat jika dibanding dengan hasil belajar siklus 1, ini di tunjukan oleh hasil belajar siswa pada tes formatif ketiga yang tuntas ada 27 siswa dari 33 siswa atau 81,82% dan nilai rata-rata kelasnya 75, 81. Pada siklus 3, hasil belajar siswa menunjukan peningkatan yang signifikan jika dibanding dengan hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2, ini ditunjukan oleh hasil tes formatif keempat siswa yang tuntas ada 30 siswa dari 33 siswa atau 90,91% dan nilai rata-rata kelasnya 79,30.

 

Kata Kunci: hasil belajar matematika, metode belajar kooperatif Type Team Assisted Individualization.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v3i2.2090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Aksioma Journal Indexed by:

            

 

Creative Commons License
Jurnal  Aksioma is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats