PENINGKATAN HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTU LKS PADA SISWA KWLAS X PRODUKSI GRAFIKA

Eko Sri Windarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran apakah Pembelajaran melalui Implementasi Model Kooperatif Tipe TAI Berbantu LKS dapat meningkatkan hasil belajar Trigonometri Pada Siswa Kelas X Produksi Grafika. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun 2010-2011. Fokus pembicaraan adalah kinerja guru, kinerja siswa, aktivitas siswa dalam diskusi kelompok melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantu LKS dan hasil belajar siswa. Skenario dirancang dengan penelitian tindakan kelas 2 siklus. Pada setiap siklus dilakukan empat tahap (perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi). Pada pengamatan akan dilihat kinerja guru, kinerja siswa, aktivitas siswa dalam diskusi kelompok, selanjutnya dilakukan refleksi untuk memperbaiki kegiatan pada siklus berikutnya. Data diperoleh melalui tes, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh ada peningkatan rata-rata kinerja guru 2,65 (kriteria Baik) menjadi rata-rata kinerja guru 3,25 (kriteria Baik), skor rata-rata kinerja siswa 2,1 (Cukup Baik) menjadi skor rata-rata 3,3 (Sangat Baik), dan adanya peningkatan hasil belajar dari KKM 75 tuntas 33,39% dengan nilai rata-rata 65,3 menjadi KKM 75 tuntas 78,79% dengan nilai rata-rata 80,61. Simpulan dalam penelitian ini adalah ada Peningkatan Hasil Belajar Trigonometri Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berbantu LKS Pada Siswa Kelas X Produksi Grafika.

Kata Kunci : Kooperatif, TAI, Trigonometri


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v3i2.2093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats