E-Asesmen diagnostik bidang datar berkonteks masjid Cheng Ho Palembang: Studi pengembangan

Liana Septy, Yuli Fitrianti, Feli Ramury, Adellisa Kurnia Asrin

Abstract


Penelitian ini merupakan studi pengembangan untuk menghasilkan asesmen diagnostik pada materi bangun datar berkonteks masjid Chengho Palembang sebagai alat evaluasi yang memetakan kemampuan siswa sesuai tuntutan kurikulum merdeka yang dapat mempermudah guru mengevaluasi kemampuan awal peserta didik. Research and Development (R&D) ini menggunakan alur formative evaluation Tessmer dalam pengembangannya. Alur ini terdiri dari tahap preliminary (tahap persiapan dan pendesaianan) dan tahap formative evaluation (self-evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Patra Mandiri Plaju. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi pakar, lembar angket peserta didik, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa e-asesmen ini sudah valid untuk digunakan sebagai alat asesmen diagnostik yang dapat memetakan kemampuan awal peserta didik sehingga mempermudah guru dalam proses evaluasi.

Kata Kunci:  Pengembangan, E-Asesmen Diagnostik, Bangun Datar, Masjid Cheng Ho Palembang


Full Text:

PDF

References


Ambiyar, Efendi, R., Waskito, Yondri, S., & Irawati, Y. (2019). Pengembangan e-authentic assessmen berbasis PBL untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pembelajaran jaringan komputer. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 3(3), 470–478. https://doi.org/10.29207/resti.v3i3.1390

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. In Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Aslan, & Wahyudin. (2020). Kurikulum dalam tantangan perubahan. Bookies Indonesia.

Barbieri, G., Sanchez-Londoño, D., Cattaneo, L., Fumagalli, L., & Romero, D. (2020). A case study for problem-based learning education in fault diagnosis assessment. IFAC-Papers OnLine, 53(3), 107–112. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2020.11.017

Chin, H., Chew, C. M., Lim, H. L., & Thien, L. M. (2022). Development and validation of a cognitive diagnostic assessment with ordered multiple-choice items for addition of time. International Journal of Science and Mathematics Education, 20(4), 817–837. https://doi.org/10.1007/s10763-021-10170-5

Csapó, B., & Molnár, G. (2019). Online diagnostic assessment in support of personalized teaching and learning: The eDia system. Frontiers in Psychology, 10, 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01522

Delgado, D. G. L., Delgado, F. E. A., & Quiroz, P. M. Z. (2019). Permanent application of diagnostic assessment on learning teaching process. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 5(4), 34–45. https://doi.org/10.21744/ijllc.v5n4.699

Fathurahman, O., Sila, M. A., Farida, A., Wahab, A. J., Ropi, I., Rumadi, Daulay, R., Linggaraja, U. S., Nurdin, N., Sy, A., & Fahrul, F. (2019). Moderasi Beragama. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: An introduction. Pearson Education, Inc.

Heldani, S. H. (2015). Makna simbolik ornamen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 13(02), 122–130. https://doi.org/10.33153/glr.v13i2.1633

Kemdikbud. (2022). Buku saku tanya jawab Kurikulum Merdeka. kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan evaluasi pemanfaatan platform Merdeka Mengajar pada satuan pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10340–10343. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10030

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar†di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.

Molnár, G., & Csapó, B. (2019). Technology-based diagnostic assessments for identifying early mathematical learning difficulties (A. Fritz, V. G. Haase, & P. Räsänen (eds.); pp. 683–707). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-97148-3_40

Mumtahanah, N., & Rahman, T. A. (2018). Prosedur pengembangan dan karakteristik assesment pembelajaran. Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 08(02), 197–205. https://doi.org/10.36835/hjsk.v8i2.3384

Murtado, D. (2021). Menag: perlu ada strategi kebudayaan dalam memperkuat moderasi beragama. Biro HDI Kemenag. https://kemenag.go.id/moderasi-beragama/menag-perlu-ada-strategi-kebudayaan-dalam-memperkuat-moderasi-beragama-riznte

Narhadi, J. S. (2019). Kajian bentuk, fasad, dan ruang dalam pada Masjid Cheng Ho Palembang. Jurnal Arsitektur ZONASI, 2(3), 183. https://doi.org/10.17509/jaz.v2i3.19261

Nurhidayah, I., & Ardi. (2022). Instrumen e-assessment berbasis Quizizz tentang materi Sistem Koordinasi untuk kelas XI SMA/MA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.44006

Padmakrisya, M. R., Aziz, T. A., & El Hakim, L. (2024). Literasi matematika dan konstruktivisme sosial. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 27–38. https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.17851

Pramuditya, S. A., Khodijah, A. S., & Asnawati, S. (2021). Student mathematical communication through online digital module assisted learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 143–154. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15123

Ravand, H., & Baghaei, P. (2020). Diagnostic classification models: Recent developments, practical issues, and prospects. International Journal of Testing, 20(1), 24–56. https://doi.org/10.1080/15305058.2019.1588278

Scott, I. A., & Crock, C. (2020). Diagnostic error: incidence, impacts, causes and preventive strategies. Medical Journal of Australia, 213(7), 302–305. https://doi.org/10.5694/mja2.50771

Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan platform merdeka mengajar sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran guru. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81

Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Isyowo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., & Mahardhika, R. L. (2021). Panduan pembelajaran dan asesmen jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). In Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki, M. H., Azhari, Isa, H. M., & Amin, I. M. (2020). Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161–164. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Sun, Y., & Suzuki, M. (2013). Diagnostic assessment for improving teaching practice. International Journal of Information and Education Technology, 3(6), 607–610. https://doi.org/10.7763/ijiet.2013.v3.345

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluation: Improving the quality of education and training. Routlegde.

Vermeulen, J. A., Béguin, A., Scheltens, F., & Eggen, T. J. H. M. (2020). Diagnostic assessment in third-grade subtraction: the relation between bridging errors, number of errors and mathematical ability. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 27(6), 687–706. https://doi.org/10.1080/0969594X.2020.1856038

Wahyuni, E. Q. E., Edy, S., & Khikmiyah, F. (2024). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 55–68. https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.17443

Wang, W.-C., & Qiu, X.-L. (2018). Multilevel Modeling of Cognitive Diagnostic Assessment: The Multilevel DINA Example. Applied Psychological Measurement, 43(1), 34–50. https://doi.org/10.1177/0146621618765713

Zainal, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran (Edisi Revi). Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Zhai, X., Haudek, K. C., & Ma, W. (2023). Assessing Argumentation Using Machine Learning and Cognitive Diagnostic Modeling. Research in Science Education, 53(2), 405–424. https://doi.org/10.1007/s11165-022-10062-w




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i3.21067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats