Efektivitas model pembelajaran RME berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran RME berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pada sub materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel (SPtLDV). Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan one shot case study. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 10 salah satu Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Lombok Timur dengan sampel sebanyak 28 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian atau essay. Teknik analisis data pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan Liliefors, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t satu sampel atau One Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung (4,201) > t-tabel (2,052). Karena t-hitung > t-tabel pada taraf signifikan 5% atau 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho tidak diterima, artinya penggunaan model pembelajaran RME berbantuan GeoGebra efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Full Text:
PDFReferences
Andhini, D. P., Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. (2023). Pengaruh model problem-based learning berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika, 4(2), 879–891.
Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis pemahaman konsep matematika siswa kelas V pada materi bangun ruang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166–4173. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2149
Apriyanti, E., & Fauzi, A. (2023). Model pembelajaran realistic mathematics education dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar. Education, 9(4), 1978–1986. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940
Dickinson, P., & Hough, S. (2012). Using realistic mathematics education in UK Classrooms. Diakses dari https://albrook.thecascoschool.com/wp-content/uploads/2020/06/prospectus.pdf
Fadlurrohman, H., Aida, A. N., & Nevtianingsi, C. A. (2023, January). Penerapan model PBL, pendekatan RME dan media GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 265-274.
Fathurrahman, & Fitrah, M. (2023). Software Geogebra pada pembelajaran matematika: Studi literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 33–40.
Fitriya, A. N., Indriani, D. A., Setiani, F., Pujianti, R., & Ermawati, D. (2024). Analisis kesulitan belajar matematika materi pecahan SD 1 Barongan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 205–211. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v5i1.4910
Kemendikbudristek. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses makin meluas, saatnya tingkatkan kualitas. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Kemendikbudristek. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 naik 5-6 posisi dibanding 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Makarim, N., Syahid, S. A., Putri, S. M., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). Metode jarimatika dalam pembelajaran matematika di SDN 1 Sindangratu. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 21–32.
Malik, A. (2011). Meningkatkan kemampuan berpikir logis dan Sikap positif siswa terhadap matematika melalui Realistic Mathematics Education (RME) pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTs Surya Buana Malang. JP3, 1(1), 76–84.
Nafia, S. I., Ulya, H., & Wanabuliandari, S. (2023). Pengaruh model RME berbantuan media PEMATH terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(2), 52-60.
Napiputulu, E. L. (2023). Narasi Skor PISA Indonesia jangan seolah-olah prestasi. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/12/06/narasi-skor-pisa-indonesia-jangan-seolah-olah-prestasi
Rahmawati, L., Gusmarini, P., Salsabila, A., Jemida, V., Wulandari, T., & Rahmawati, E. Y. (2023). Penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika secara daring. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 165-170.
Restu, N. K., Suryana, C., Herman, T., & Mulyati, T. (2023). Learning loss pada kemampuan pemahaman konsep dan representasi matematis peserta didik kelas V SD di era post pandemic COVID-19. Jurnal Basicedu, 7(1), 288–294.
Rochma, N. A., Suwanti, V., Ika, Y., & Pranyata, P. (2023). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan berdasarkan teori Pirie-Kieren. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 100–113.
Saputri, R. D. I., & Roesdiana, L. (2022). Analisis kemampuan peserta didik dalam pemahaman konsep matematis aljabar menggunakan metode penugasan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 903–911.
Setyani, Y. L., & Amidi. (2022). Telaah model PBL-RME bernuansa etnomatematika pada outdoor learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 520–536. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54702
Sugiyono (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wahidmurni. (2017). Pemanfaatan GeoGebra sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan matematika. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(4), 1401–1407.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i3.21181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika