Desain pembelajaran garis dan sudut menggunakan Realistic Mathematics Education berbantuan Adobe Animate

Muhammad Aldo Febriansyah, Farida Nursyahidah, Irkham Ulil Albab

Abstract


Garis dan Sudut merupakan salah satu bagian dari geometri yang berguna bagi siswa. Akan tetapi, siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami topik garis dan sudut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu lintasan pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami topik garis dan sudut dengan menggunakan konteks tradisi  Warak Ngendog Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah design research yang terdiri dari tiga tahap yaitu Preparing for Experiment, Design Experiment, dan Retrospective Analysis. Seluruh kegiatan pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education dan didukung dengan media adobe animate. Hasil penelitian ini meliputi empat kegiatan pembelajaran yaitu: Mengamati video tradisi Warak Ngendog untuk menemukan dan melukis sebuah sudut, mengukur sebuah sudut untuk menentukan besar sudut serta mengkomunikasikan langkah-langkahnya, mengategorikan dan mendefinisikan jenis-jenis sudut, serta menyelesaikan masalah kontekstual. Dari kegiatan yang dilakukan, dapat diketahui bahwa pembelajaran garis dan sudut dengan menggunakan konteks tradisi Warak Ngendog berbasis RME dan didukung media adobe animate dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman konsep topik garis dan sudut pada kelas VII SMP Negeri 38 Semarang.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434–443. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1586

Apriyanti, E., Asrin, A., & Fauzi, A. (2023). Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1978–1986. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5940

Apryani, T., Kadir, Prajono, R., & Salim. (2022). Jurnal Amal Pendidikan. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 234–241. https://doi.org/10.36709/japend.v2i3.19564

Arbowo, B. W., L, A. A. P., Aisyah, F., & Nursyahidah, F. (2018). Developing Studentrs Activity with Wisanggeni Puppet Context to Enhance Students’ Understanding of Addition and Substraction Thousands Number. Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC 2018), 157, 266–269. https://doi.org/10.2991/miseic-18.2018.64

Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170

Cahyono. (2018). Warak Ngendog Dalam Tradisi Dugderan Sebagai Representasi Identitas Muslim Urban Di Kota Semarang. Jurnal THEOLOGIA, 29(2), 339–362. https://doi.org/10.21580/teo.2018.29.2.2937

Fahrurozi, A., Maesaroh, S., Suwanto, I., & Nursyahidah, F. (2018). Learning Similarity Lawang Sewu using Context for Third Grade Lower Secondary School Students. International Conference on Science and Education and Technology 2018 (ISET 2018) Learning, 247, 32–37. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.7

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective. Educational Design Research, (May), 17–51. https://doi.org/10.4324/9780203088364-12

Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The Difficulties Of High School Students In Solving HOTS Problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 97–106. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.520

Hardiyanto, D., Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2024). Hyothetical Learning Trajectory On Dilation Material Using Realistic Mathematics Education and Geogebra Media. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 417–432. https://doi.org/10.31943/mathline.v9i2.591

Hartono, H., Nursyahidah, F., & Kusumaningsih, W. (2021). Learning design of lines and angles for 7th -grade using Joglo traditional house context. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 6(4), 316–330. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i4.14592

Hubulo, N. A., Hulukati, E., Uno, H. B., & Damayanti, T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Alat Peraga Kubus dan Balok. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 120–127. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16369

Khotimah, N., Humairah, H., & Mudayan, A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Sudut di Kelas IV MI Tarbiyatus Sa’adah. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 255–263. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.573

Meutia, N. (2022). Analisis kesulitan belajar siswa smp kelas vii pada materi bilangan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(1), 22–27. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1435

Ningsih, D. Y., Harun, L., & Nursyahidah, F. (2024). Desain pembelajaran jarak titik ke garis menggunakan pendekatan realistic mathematics education (rme) berbantuan geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 15(1), 114–124. Retrieved from https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/18633%0A

Nurcahyansi, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Membangun Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(1), 37–47. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v6i1.28647

Nursyahidah, F., Albab, I. U., & Rubowo, M. R. (2021). Learning Design on Surface Area and Volume of Cylinder Using Indonesian Ethno-mathematics of Traditional Cookie maker Assisted by GeoGebra. Mathematics Teaching Research Journal, 13(4), 79–98. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1332350.pdf

Nursyahidah, F., Albab, I. U., & Mulyaningrum, E.R. (2023a). Learning design of quadrilateral STEM-based through lesson study. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(11). https://doi.org/10.29333/ejmste/13747

Nursyahidah, F., Albab, I. U., & Rubowo, M. R. (2023b). Learning Design of Sphere using Realistic Mathematics Education Assisted by Interactive VideoTitle. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(3), 297–312.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan Learning Trajectory Based Instruction Materi Kerucut Menggunakan Konteks Megono Gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47–58. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.560

Oktavinata, I., & Hakim, D. L. (2024). Identifikasi Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pada Materi Garis dan Sudut. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 2(4), 166–174. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i4.12096

Rahmasari, F., Sutriyani, W., & Muhaimin, M. (2023). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 508–518. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2466

Ramadhani, A., Charitas, R., Prahmana, I., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2019). Menggunakan Jam Dinding Lingkaran Untuk Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(2), 85–101. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.2.85-101

Romdoni, M., Izzati, N., & Manfaat, B. (2022). Pengembangan Penggaris Mekanik untuk Pembelajaran Garis dan Sudut. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 466–478. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.6752

Rosdianah, R., Kartinah, K., & Muhtarom, M. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 120–132. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4458

Samsudin, S., Irawan, M. D., & Harahap, A. H. (2019). Mobile APP Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate CC. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 141–148. https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1009

Saniriati, D. M. D., Dafik, D., & Murtikusuma, R. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(2), 132–145. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n2.p132-145

Saptawati, L. M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar KPK Dan FPB Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Kelas IV SDN Mojolegi Kecamatan Gading. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(4), 628–635. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i4.662

Sari, R. M. M., & Roesdiana, L. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa SMA pada pembelajaran geometri. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 209–214. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4253

Sumiyati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII-E SMPN 2 Plosoklaten. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 11–23. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.193

Triyanto, Nur Rokhmat, & Mujiyono. (2014). Warak Ngendog: Simbol Akulturasi Budaya Pada Karya Seni Rupa. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 5(2), 162–171. https://doi.org/10.15294/komunitas.v5i2.2735

Tunimah, L., Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2024). Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory Materi Kerucut Berkonteks Tradisi Sesaji Rewanda Menggunakan PMRI Berbantuan Adobe Animate penyebab siswa mengalami kesulitan dalam belajar kerucut ( Fahrurozi et. 15(1), 69–83. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.18630

Wahyudi. (2016). Pengembangan model realistic mathematics education (RME) dalam peningkatan pembelajaran matematika bagi mahasiswa pedidikan guru sekolah dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(2), 47–57. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jppd.v4i1.21294

Wantah, A., & Prastyo, H. (2022). Analisis Hambatan Belajar Siswa Smp Dalam Memahami Konsep Garis Dan Sudut. Jurnal Padegogik, 5(1), 54–73. https://doi.org/10.35974/jpd.v5i1.2722

Widiawati, Marzal, D., & Juwita, H. (2018). Desain Pembelajaran Garis Dan Sudut Dengan Konteks Pagar Buluh Di Kelas Vii. Journal Of Mathematics Science and Education, 1(1), 118–130. https://doi.org/10.31540/jmse.v1i1.186

Zahra, F. A., & Hakim, D. L. (2022). Kesulitan Siswa Kelas VII SMP dalam Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Garis dan Sudut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.33087/phi.v6i2.244

Zubainur, C. M., Johar, R., Hayati, R., & Ikhsan, M. (2020). Teachers’ understanding about the characteristics of realistic mathematics education. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(3), 456–462. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i3.8458




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v15i3.21402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats