Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory kerucut menggunakan Realistic Mathematics Education berbantuan geogebra

Inaroh Ghoisani Amahsyah, Rizky Esti Utami, Farida Nursyahidah

Abstract


Kerucut merupakan salah satu materi bangun ruang sisi lengkung yang penting untuk dikuasai siswa. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep geometri khususnya bangun ruang sisi lengkung kerucut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lintasan belajar yang dapat membantu siswa memahami konsep kerucut dengan menggunakan tradisi Popokan sebagai konteks dan GeoGebra sebagai media dalam proses pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 38 Semarang. Pendekatan pembelajaran yang digunakan yaitu PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Design Research yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu preliminary design, design experiment, dan retrospective analysis. Hasil penelitian ini berupa desain lintasan belajar yang terdiri dari 4 aktivitas, yaitu: (1) mengamati video animasi konteks tradisi Popokan untuk mengenal bangun ruang kerucut, (2) menentukan rumus luas permukaan dengan jaring-jaring kerucut berbantuan GeoGebra, (3) menentukan rumus volume bangun ruang sisi lengkung dengan eksperimen menggunakan tabung, dan (4) menyelesaikan masalah kontekstual tentang luas permukaan dan volume kerucut. Melalui beberapa aktivitas yang telah didesain, diharapkan dapat membantu siswa memahami materi kerucut.

Kata kunci: GeoGebra, Hypothetical Learning Trajectory, Kerucut, Popokan, RME


Full Text:

PDF

References


Agustini, W. A, & Fitriani, N. (2021). Analisis kesulitan siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.91-96

Akker, Jan van den Gravemeijer, Koeno And, Susan McKenney Nieveen, N. (2006). Educational Design Research (Akker, Jan; N. Akker, Jan van den Gravemeijer, Koeno And, Susan McKenney Nieveen, Ed.). London: Taylor & Francis e-Library.

Andini, S., Budiyono, & Fitriana, L. (2018). Developing flipbook multimedia: The achievement of informal deductive thinking level. Journal on Mathematics Education, 9(2), 227–238. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5396.227-238

Andzin, N. S., Sari, P. Y. P., Widodo, R. C., Sukowati, D. I., Indriastuti, S., & Nursyahidah, F. (2024). Arithmetic sequences and series learning using realistic mathematics education assisted by augmented reality. Mathematics Education Journal, 18(1), 139–148. https://doi.org/10.22342/jpm.v18i1.pp139-148

Arifin, Yusmin, E., & Hamdani. (2017). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6

Asokawati, I., Harun, L., & Nursyahidah, F. (2024). Desain pembelajaran kerucut menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) berkonteks tradisi mitoni. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm

Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). JUMADIKA: Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.30598/jumadikavol1iss1year2019page9-18

Dahlan, M., & Kurniasari, I. (2022). Identifikasi miskonsepsi siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung menggunakan three tier-test. MATHEdunesa, 11(2), 499–512. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p499-512

Desviona, N., Ifati, A. N., & Masruroh, M. (2023). Software GeoGebra sebagai media penunjang pembelajaran geometri di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga. Retrieved from https://jurnal.sttw.ac.id/index.php/abma/about

Fahmi, S., & Noviani, D. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan augmented reality pada materi bangun ruang sisi lengkung. Quadratic: Journal of Innovation and Technology in Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 108–113. https://doi.org/10.14421/quadratic.2021.012-05

Febriana, R. (2023). Implementasi pendekatan RME untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(7), 73–86.

Fikriyah, S. Z., Jayanti, I. D., & Mu’awanah, S. (2020). Akulturasi budayajawa dan ajaran islam dalam tradisi popokan. JPeB: Penelitian Budaya, 5(2), 77–88.

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design research from a learning design perspective. Educational Design Research, (May), 17–51. https://doi.org/10.4324/9780203088364-12

Gravemeijer, K., & Eerde, D. van. (2009). Design research as a means for building a knowledge base for teachers and teaching in mathematics education. The Elementary School Journal, 109(5), 510–524.

Hafsyah, A. R., & Alam, P. P. (2022). Analisis kesulitan matematika siswa SMPS PPM Rahmatul Asri pada materi bangun ruang sisi lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–4.

Hardiyanto, D., Asokawati, I., Majid, P. M., Maesaroh, A. T., & Nursyahidah, F. (2024). Learning reflection using realistic mathematics education assisted by GeoGebra software. Mathematics Education Journal, 18(1), 15–26. https://doi.org/10.22342/jpm.v18i1.pp15-26

Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang sisi lengkung menggunakan prosedur newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 01(02), 125–138. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/powermathedu

Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2021). Learning design on surface area and volume of cylinder using Indonesian ethno-mathematics of traditional cookie maker assisted by GeoGebra. Mathematics Teaching-Research Journal, 13(4), 79–98.

Nursyahidah, F., Putri, R. I. I., & Somakim. (2013). Supporting first grade students’ understanding of addition up to 20 using traditional game. Journal on Mathematics Education, 4(2), 212–223. https://doi.org/10.22342/jme.4.2.557.212-223

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Albab, I. U. (2021). Desain pembelajaran kerucut berkonteks tradisi megono gunungan. Jurnal Elemen, 7(1), 14–27. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2655

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan learning trajectory based instruction materi kerucut menggunakan konteks megono gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47–58. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.560

Purba, T. N., & Pangaribuan, A. J. B. F. (2022). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu Vol, 6(3), 4686–4700.

Rahmadona, F., Indrayati, H., Widyaningrum, I., Stkip, M., Pagaralam, M., & Stkip, D. (2019). Efektivitas pendekatan PMRI dengan konteks nasi tumpeng pada materi volume kerucut di kelas IX. Academic Journal of Math (Vol. 01). Retrieved from http://journal.staincurup.ac.id/index.php/arithmetic

Ratu, A., & Talakua, A. C. (2024). Aplikasi media pembelajaran interaktif menggunakan augmented reality pada materi bangun ruang sisi lengkung. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 3(2), 90–98. https://doi.org/10.56211/sudo.v3i2.529

Sitorus, C. W, Perangin-angin, F. S, Asmal, S., Dari, W. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam belajar materi bangun ruang sisi lengkung. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika Yayasan Amanah Nur Aman. 3(4).

Solin, T. A., Fitria, N., Sitorus, S. F., & Angkat, D. K. (2023). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(4), 458–465.

Sulastri, W., & Wulantina, E. (2023). Pengembangan LKPD berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Mathema Journal. 5.

Tajuddin, M. (2019). Meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung melalui penggunaan media benda nyata dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.33387/dpi.v8i1.1382

Tunimah, L., Nursyahidah, F., Albab, I. U., & Matematika, P. (2024). Pengembangan hypothetical learning trajectory materi kerucut berkonteks tradisi sesaji rewanda menggunakan PMRI berbantuan adobe animate. Aksioma. 15(1).

Widana, I. W. (2021). Realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Widyawati, W., Indra Putri, R. I., & Somakim, U. (2016). Desain pembelajaran sudut menggunakan konteks rumah limas di kelas VII. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 437. https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3489

Yani, C. F., Maimunah, M., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203–214. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.481




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v16i1.22750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal  Matematika dan Pendidikan Matematika  is licensed under a    Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal  Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

       

 

                           

 

Copyright of  AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats