KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MAHASISWA DENGAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR

Paridjo Muhammad, Budi Waluya, Rochmad Rochmad

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi dan aktivitas belajar mahasiswa mata kuliah aljabar dalam materi fungsi kuadrat dan aplikasinya. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan komunikasi matematis dalam pemecahan masalah fungsi kuadrat dan aplikasinya pada mata kuliah Aljabar. Subjek penelitian ini adalah  mahasiswa pendidikan matematika semester 1 sebanyak 58 orang yang berasal dari SMA jurusan IPA (SMA-IPA) berjumlah 35 orang, SMA Jurusan IPS (SMA-IPS) berjumlah 11 mahasiswa  dan SMK berbagai jurusan  berjumlah 11 orang yang, responden  dipilih melalui teknik random sampling  masing-masing 2 mahasiswa. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa kelompok SMA-IPA memiliki  kemampuan memecahkan masalah lebih baik dari kelompok SMA-IPS dan kelompok SMK. Kemampuan komunikasi matematika kelompok SMA-IPA lebih baik dari kemampuan komunikasi matematika kelompok SMA_IPS dan kelompok SMK. Kekurangan untuk kelompok SMA-IPS dan kelompok SMK menyelesaiakn dalam  masalah aljabar menggunakan rumus-rumus kalkulus. Kekurangan secara umum mahasiswa belum menuliskan jawaban akhir dalam menjawab pertanyaan soal. Untuk aktivitas belajar  dengan metode kooperatif model Group Investigation membuat aktivitas belajar mahasiswa baik sekali, namum mahasiswa dalam  keberanian berpendapat dan mengkomunikasikan hasil dengan kriteria baik

 

Kata kunci: Komunikasi Matematika, Group Investigation, Aktivitas Belajar

 


Full Text:

PDF

References


Greenes, C & Schulman, L . 1996. Communication Processes in Mathematical Explorations and Investigation” dalam P.C Elliot dan M.J. Kenney (Eds). Yearbook . Communication in Mathematics. K-12 and Beyond. 159-169. Virginia: Reston

NCTM. 2003. Standards for Secondary Mathematics Teacher. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

UPS. 2016. Pedoman Akademik Universitas Pancasakti Tegal 2016

Raymond S. Ross.1983.Speech Communication: Fundamentals and Practice. Edisi ke6. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice –Hall

Deddy Mulyana,2005. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)

Hovland, Carl I. 1953. Communication and persuasion; psychological studies of opinion change /

Effendy, Onong Uchyana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM

NCTM 2000. Principles and Standard School Mathematics. Reston. V.A: NCTM

Sumarmo. 2003. ”Indikator Kemampuan Komunikasi matematika”. http://kartiniokey.blogspot.co.id/2010/05/meningkatkan-kemampuan-komunikasi.html. Diunduh tanggal 18 Desember 2017

Ansari, Bansu I.2003. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Kmunikasi Matematika Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write, Disertasi, Bandung: UPI, Tidak dipublikasikan.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Bandung: ALFABETA




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v9i1.2338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats