Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Script Dan Snowball Throwing Berbasis Flipbook Maker Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah

khoirotun ni'mah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya nilai KPM siswa dan kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan suatu sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah (KPM) siswa dengan Cooperative Script (CS) berbantuan Flipbook Maker, Snowball Throwing (ST) berbantuan Flipbook Maker, dan pembelajaran konvensional; (2) ketuntasan KPM siswa antara CS berbantuan Flipbook Maker, ST berbantuan Flipbook Maker, dan pembelajaran konvensional; serta (3) pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap KPM. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di SMK Cut Nya’ Dien. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X. Melalui cluster random sampling terpilih sampel penelitian yaitu siswa kelas AK 1 sebagai kelas eksperimen 1, siswa kelas AK 2 sebagai kelas eksperimen 2, dan siswa kelas TB sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes KPM, lembar observasi keaktifan siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan statistik. Uji statistik yang digunakan ANAVA, Uji-t, Uji Scheffe dan Uji Regresi. Hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan model CS dan ST efektif ditinjau dari KPM berdasarkan ketercapaian  (1) ada perbedaan KPM antara CS berbantuan Flipbook Maker, ST berbantuan Flipbook Maker, dan pembelajaran konvensional; (2) KPM siswa CS berbantuan Flipbook Maker, ST berbantuan Flipbook Maker, lebih baik daripada model konvensional; (3) KPM siswa CS berbantuan Flipbook Maker lebih baik dibanding kelas ST berbantuan Flipbook Maker; (4) ada hubungan signifikan antara keaktifan siswa dengan KPM; (5) ketuntasan belajar individual dan klasikal kelas CS dan ST tercapai.


References


Adha J, Wendha. Matematika dalam Multimedia Flipbook: Kreatifitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Ngawi. Diss. Universitas Sebelas Maret. 2016.

Akhiriyah, D. W. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang, artikel dalam Jurnal Ke-pendidikan Dasar, Vol. 1(2), pp. 215-216.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. 2014. Evalusi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Aqib, Zainal. 2015. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Budiyono. 2009. Statistika untuk penelitian. Surakarta: UPT Penerbit dan Pencetakan (UNS Press).

Dwijayanti, I. 2014. Efektivitas Kelas Humanistik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Aksioma5(1/ Maret)

Hamalik, O. 2001. Proses BelajarMengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah, B. (2012). Pembelajaran dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik, Jakarta : Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-isu Metodis dan Paradigmatis).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ikhlasmi, Rini. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Mts Al-Muttaqin Pekanbaru. UIN SUSKA RIAU 2013: 8.

Juliani, Noor, Aisjah, dan Norlaila. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Scriptt. EDU-MAT. Volume II, No. 2, Oktober 2014: 250-259.

Munawaroh, Luluk. Efektivitas model example non examples berbantuan flipbook maker terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem di kelas VII MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati tahun ajaran 2014/2015. Diss. UIN Walisongo, 2015.

Muslikhah, Riana Isti, M. Siswandari, and Wiedy Murtini. "Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Flip Book Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi Dan Bisnis (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Karangany." Jurnal Pendidikan Insan Mandiri 1.1 (2016).

Nurrohmah, S. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Snowball Throwing berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Segiempat Kelas Vii SMP. Semarang: UPGRIS. 2016.

Polya, G. (1973). How to Solve it: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Pricenton University Press.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dan PBL itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sadiman, Arief S, dkk. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Satrio ,W dan Fajri. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Scriptt Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Keaktifan Siswa (Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Surakarta). Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009.

Suciniasih, A. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Learning(PSL) dan Coopertaive Script Berbantu CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP. Semarang: UPGRIS

Sudjana, Nana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.

Sugiyanto, Doni, dkk. Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC, Volume IX, No. 2, Agustus 2013: 101-116

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erma, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta : Rajawali Pers

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwitno, K. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika Model Coopertaive Script dan Think Pair Share Berbantu LKS dan Cbri 3D Terhadapa Hasil Belajar Siswa Pada Materi Prisma dan Limas siswa kelas VIII. Semarang: UPGRIS. 2014.

Widayanti, Tri. Keefektifan Pembelajaran Model Snowball Throwing Berbantu CD Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano, Volume V, No. 1, Juni 2014:101.

Wijayanto, dan Muhammad Saifuddin Zuhri. “Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker dengan Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Mathematics And Sciences Forum 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v9i2.2440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats