Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education

liana veralita, Euis Eti Rohaeti, Ratni Purwasih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pendekatan Realistic Mathematics Education. Metode penelitian yang digunakan eksperimen, dimana subjek dalam populasi ini dipilih secara acak yaitu acak kelas. Didalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan kepada subjek peneliti untuk selanjutnya ingin diketahui pengaruh perlakuan tersebut. Perlakuan tersebut adalah pendekatan Realistic Mathematics Education pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Pembelajaran matematika realistic lebih efektif dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian siswa SMP melalui pendekatan Realistic Mathematics Education lebih baik daripada pmbelajaran biasa. Besarnya peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar pembelajaran matematika realistic adalah 0,72dan pembelajaran konvensional adalah 0,45. Besarnya peningkatan kemandirian belajar matematik siswa yang diajar pembelajaran matematika realistic adalah 94,86 dan pembelajaran konvensional adalah 91,40.

Kata Kunci: RME, Kemampuan Komunikasi Matematik, Kemandirian Belajar


Full Text:

PDF

References


Alfatihah, M. (2016). Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar. Jurnal IAIN Surakarta, 1(2), 19 -200.

Anisa, W. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistic Untuk Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 3-9.

Haji, S. dan Abdullah, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Infinity, 5(1), 45.

Hendriana, H.,Sumarmo, U., dan Rohaeti. E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Kemampuan Dan Diposisi Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal matematika dan Pendidikan matematika, 2(1), 35-36.

Kamal, S. (2015). Implementasi Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 56-58.

Nuridawani., Munzir, S., dan Saiman. (2015). Peningkatan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan CTL. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 64-69.

Purwasih, R. (2016). Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Personalized System Of Instruction. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Stkip Siliwangi. Vol. 4, 190.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1),16-25.

Putra, H. D., & Purwasih, R. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Mahasiswa melalui Project Based Learning. P2M STKIP Siliwangi, 2 (2), 128-136.

Son, A. L. (2015). Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Gema Wiralodra, 7(1), 6-7.

Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v9i1.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats