Keefektifan Model Pembelajaran Tink Talk Write Berbantuan Aplikasi Prezi Terhadap Prestasi Belajar

wahyu ageng laksana, eleonora dwi wahyuningsih, wikan budi utami

Abstract


Sebagian besar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Suradadi mempunyai prestasi belajar matematika yang masih rendah. Berkaitan hal ini perlu adanya inovasi dalam penyampaian materi pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk lebih aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi. Tujuan penelitian ini adalah (1)prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi 75% mencapai nilai KKM; (2)terdapat perbedaan prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori; (3)model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan uji proporsi, uji t dua pihak, dan uji t satu pihak kanan, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi 75% mencapai nilai KKM; (2)terdapat perbedaan prestasi belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori; (3)model pembelajaran think talk write berbantuan aplikasi prezi lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). In Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA.

Huda, Miftakhul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kurniasih, D. A. (2010). Pengaruh Implementasi Strategi Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Siswa SMK Jurusan Bisnis Manajemen Kota Madya Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Nisa, Khoerun &dkk. (2017). Penyusunan Skala Minat Belajar Matematika Nisa, Khoerun &dkk. (2017). Penyusunan Skala Minat Belajar Matematika Model Rasch (Studi Pengembangan Pada Pembelajaran Matematika Kelas VII di SMP Negeri 1 Tarub Tahun Ajaran 2016/ 2017). e-journal.ups.ac.id.

Setiyaningrum, E., & Istiqomah. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Magelang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahidah, I., & Yuwono, I. (2013). Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Brawijaya Smart School (BSS). Artikel: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v9i2.2678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats