EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Kristina Warniasih

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Bantul.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian The One-Shot Case Study Design. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Menegah Pertama Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sample. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII A SMP Negeri 2 Sewon, Kelas VII A SMP Negeri 3 Sewon, dan kelas VII A SMP PGRI Kasihan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil uji coba instrument soal tes pemahaman konsep dinyatakan bahwa soal valid dan reliabel. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Teknik analisis data hasil penelitian ini menggunakan uji t satu pihak kanan dengan taraf signifikasi = 0,05.

Berdasarkan hasil akhir penelitian disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII Sekolah Mengengah Pertama. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t tentang nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sewon dengan hasil  (uji signifikan dengan  ), SMP Negeri 3 Sewon dengan hasil  (uji signifikan dengan  ), dan SMP PGRI Kasihan dengan hasil  (uji signifikan dengan  ).

 

Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Herman Hudojo. 2013. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.:IKIP

Kesumawati, Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Universitas PGRI Palembang: Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyamai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar,. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardhani, S. (2010). Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta:PPPPTK Matematika Yogyakarta.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v9i2.2911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats