PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII H SEMESTER I SMP N 1 GUBUG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

sri mulyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa berupa kemampuan kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah, kerjasama dan keaktifan  siswa dalam kelompok kelas VII H SMP Negeri I Gubug Kompetensi Dasar Aritmatika Sosial dengan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Dari hasil perhitungan analisis data uji kompetensi I dari 24 siswa yang mengikuti tes, diperoleh hasil bahwa pada siklus I yang mendapat nilai ³ 74 ada 18 siswa dan yang mendapat nilai £ 74 ada 6 siswa. Rata-rata kelas yang diperoleh adalah 79,5 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikalnya adalah 66,67 % tuntas dan 33,33 % tidak tuntas. Sedangkan dari analisis data uji kompetensi II dari 24 siswa yang mengikuti tes, diperoleh hasil bahwa pada siklus II yang mendapat nilai ³ 74 ada 22 siswa dan yang mendapat nilai £ 74 ada 2 siswa. Rata-rata kelas yang diperoleh adalah 83,75 dengan prosentase ketuntasan belajar klasikalnya adalah 91,67 % tuntas dan 8,33 % tidak tuntas. Dari hasil penelitian diajukan beberapa masukan dan saran yaitu pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat digunakan sebagai pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Amin Moh. Panduan Praktis PTK untuk Penilaian Angka Kredit Guru. Edisi 1, April 2011. Grobogan: Penerbit Inspirasi.

Buku Panduan Bermutu 2, Model-model Pembelajaran tahun 2010

Cholik A M, Sugiyono, 2014.Matematika untuk SMP/Mts Kelas VII .Penerbit Erlangga Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama

Hamaliki, 139, Gozali,Suhito:1992.5 tentang hasil belajar

Nuharini Dewi, Wahyuni Tri 2008, BSE Matematika Konsep dan Aplikasinya 1 untuk SMP/MTs kelas VII Penerbit Pusat Perbukuan Dep Pendidikan Nas, CV Usaha Makmur

Permendiknas no 22 tahun 2006 tentang tujuan pelajaran Matematika

Miftahul Huda, April 2014 Model-Model Pemgajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradikmatis, Penerbit Pustaka Pelajar Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i2.2920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats