Model Aljabar Max Plus dan Petri Net Pada Sistem Pelayanan Pendaftaran Ujian Akhir Semester

dewi nurmalitasari

Abstract


Bagian administrasi akademik langsung berhubungan dengan mahasiswa sehingga layanan akademik di STKIP PGRI Pasuruan perlu mendapatkan perhatian yang lebih guna untuk mewujudkan tingkat kepuasan yang optimal bagi mahasiswa. Namun hal ini kontradiktif dengan masih banyaknya mahasiswa STKIP PGRI Pasuruan yang bingung pada alur system pelayanan pendaftaran ujian akhir semester baik dari system pembayaran, sistem online, verifikasi data ke BAU dan BAAK terutama pada mahasiswa baru yang dikarenakan system pendaftarannya berbeda dengan mahasiswa angkatan lama. Tujuan penelitian ini adalah diperoleh estimasi waktu dan hasil analisis jadwal menggunakan pendekatan aljabar Max Plus dari alur Petri Net pada pelayanan pendaftaran ujian akhir semester di STKIP PGRI Pasuruan menggunakan aljabarMax Plus. Hasil penelitian ini diperoleh estimasi waktu dari mahasiswa memulai pendaftaran sampai mahasiswa terdaftar sebagai peserta uas.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Mustofa, and Musthofa. (2012).Optimasi Jadwal Pemesanan Bakpia Pathok Jaya 25 Daerah Istimewa Yogyakarta Dengan Sistem Linear Max-plus Waktu Invariant. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 978–79.

Arimawati. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kinerja Pegawai Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Skripsi, 1–72.

Azizah, Farah. (2017). Penggunaan Aljabar Maxplus Dan Petri Net Pada Penjadwalan Pemesanan Suku Cadang Komponen Mesin Kapal. Tesis, 1–94.

Fahim, Kistosil. (2013). Aplikasi Aljabar Max-Plus Pada Pemodelan Dan Penjadwalan Busway Yang Diintegrasikan Dengan Kereta Api Komuter. Jurnal Teknik POMITS Vol1, 1–6.

Hardiyanti, Siska Aprilia, Ika Yuniwati, dan Aprilia Divi Yustita. (2017). Bentuk Petri Net Dan Model Aljabar Maxplus Pada Sistem Pelayanan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Al Huda Genteng, Banyuwangi.Jurnal Gamatika Vol 3, 1–8.

Hasanah, Uswa., Putrawangsa, Susilahudin. (2017). Penggunaan Aljabar Maxplus Dalam Pembentukan Model Matematis Pada Sistem Penjadwalan Praktikum Laboratorium. Jurnal Beta vol. 10, 51–69.

Komsiyah, Siti. (2012). Model Petri Net Tak Berwaktu Pada Sistem Produksi (Batch Plant) Dan Simulasinya Dengan Pipe2. Jurnal Mat Stat vol. 12, 152–64.

Putri, Rani Kurnia, Sari Cahyaningtias. (2017).Universitas PGRI Adi Buana. Desain Petri-Net Untuk Mengintegrasikan Tiga Moda Transportasi Yang Menghubungkan Surabaya-Denpasar.Didaktika, 61–68.

S, Aini.(2017). Pemodelan Sistem Pelayanan Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) Menggunakan Petri Net.Technologi Science and Engineering Journal vol1, 128–39.

S, Filiany, dkk. (2013). Aplikasi Petri Net Pada Sistem Pelayanan Pasien, Jurnal Gamatika volume III, 147–54.

Sierliawati, Widdya P. (2013).Rancangan Dan Analisis Penjadwalan Distribusi Pada Rantai Pasok Bahan Bakar Minyak Menggunakan Petri Net Dan Aljabar Max-Plus.Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana XIV-ITS,73–80.

Subiono. (2015). Aljabar Min-Max Plus Dan Terapannya.Buku Ajar Mata Kuliah Pilihan Pasca Sarjana Matematika, 1–165.

Widayanti, Dwina Nur.(2012). Penjadwalan Pelayanan Di PLN Dengan Menggunakan Petri Net Dan Aljabar Max-Plus. Prosiding Seminar Nasional FMIPA Universitas Negeri Surabaya, 33–38.

Widiarni, Resti.(2016). Pembentukan Model Petri Net Dan Aljabar Max-plus Pada Alur Pelayanan Nasabah Bank. Skripsi,1–81.

Winarni. (2011). Penjadwalan Jalur Bus Dalam Kota Dengan Model Petrinet Dan Aljabar Max-Plus (Studi Kasus Busway Transjakarta.Jurnal Cauchy Vol. 1, 192–206.




DOI: http://dx.doi.org/10.26877/aks.v9i2.2997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats