Pengembangan e-modul matematika berbasis Open Ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII

maryam maryam, Rubhan Masykur, Siska Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul matematika berbasis open ended yang berkualitas dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yaitu belum adanya media pembelajaran yang menarik yang digunakan pendidik dan masih beranggapan matematika itu sulit dan membosankan. Hasil pengembangan diperoleh tahap analisis yaitu analisis kurikulum, analisis kebutuhan, dan analisis karakteristik peserta didik. Pada tahap desain diperoleh pemilihan media, pemilihan format dan desain awal. Pada tahap pengembangan dilakukan pengembangan media dan penilaian aspek kevalidan. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba dalam kelas pembelajaran dan tes. Tahap evaluasi dilakukan analisis kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa e-modul matematika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Modul matematika dinyatakan valid berdasarkan penilaian para ahli materi dan pendidik menunjukan angka 3,29 dengan kriteri “Valid”, penilaian untuk para ahli media dan pendidik menunjukan angka 3,27 dengan kriteria “Valid”. Untuk hasil respon peserta didik uji coba skala kecil memperoleh rata-rata 3,30 dengan kriteria “Sangat Menarik” dan untuk uji coba skala besar diperoleh rata-rata 3,28 dengan kriteria “Sangat Praktis”. E-modul dikatan efektif berdasarkan ketuntasan peserta didik sebesar 68% yang termasuk kategori “Efektif”. Dapat disimpulkan emodul matematika layak digunakan.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, Bambang Sri. (2015). Pengembangan modul matematika dengan strategi problem solving untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika,6(2),121–30. Doi:10.24042/6.2.25.

Ardiansyah, Reza, Aloysius Duran Corebima, and Fatchur Rohman. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik Pada Matakuliah Genetika Di Universitas Negeri Malang,” 2016

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Edisi Revisi. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

JICA, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, (FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia , 2001).

Prasetya, I. Gede Agus Saka, I. Made Agus Wirawan, And I. Gede Partha Sindu. “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas Xi Dengan Model Problem Based Learning Di Smk Negeri 2 Tabanan.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 14, No. 1 (2017)

Rahmawati, Nurina Kurniasari. “Implementasi Teams Games Tournaments Dan Number Head Together Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 8, No. 2 (2017).

Ruslan, Rosady. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarjo. (2006.)Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Jurusan Teknologi Pembelajaran.

Winarno. (2008). Teknik Evaluasi Media Pembelajaran. Jakarta: Jenius Prima.

Yanti, Rita Yuli, Tugiyo Aminoto, and Febri Bertalita Pujaningsih. “Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan 3D PageFlip Professional Materi Atom Hidrogen Pada Mata Kuliah Fisika Kuantum.” EduFisika 2, no. 01 (2017).




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats