Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Logaritma

Aizyah Alifia Supardi, Yesi Gusmania, Fitrah Amelia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan keefektifan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi logaritma untuk siswa kelas X Akuntansi SMK Permata Harapan Batam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis yaitu tahap Analisis, Design yaitu tahap Desain, Development yaitu tahap Pengembangan, Implementation yaitu tahap Implementasi, dan Evaluation yaitu tahap Evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah angket yang berdasarkan penilaian dari BNSP, angket respons siswa dan soal tes hasil belajar. Kualitas modul dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam klasifikasi sangat baik dengan  rata-rata skor penilaian ahli materi sebesar 3,59 dan rata-rata skor penilaian modul oleh ahli media sebesar 3,68 pada rentang skor skala 4 sehingga didapat validasi dengan skor rata-rata 3,64 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dilihat dari aspek kepraktisan, modul tersebut dinyatakan praktis dengan skor rata-rata angket respons siswa yaitu 3,15 yang termasuk dalam klasifikasi baik. Sedangkan dari aspek keefektifan, modul tersebut dinyatakan efektif berdasarkan hasil post-test yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa adalah 87%  yang termasuk dalam kategori sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Astika, F. F. (2014). Pengembangan Modul Pada Materi Matriks Dengan Pendekatan PMRI Untuk Siswa Kelas X SMK. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasratuddin. (2012). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 130–141. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i2.4179

Husna, A., & Himmi, N. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Kuliah Analisis Vektor Di Unrika. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 12–21. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1270

Peraturan Menteri Pendidikan dan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 41(1).

Subakti. (2010). Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Journal Seri Pengetahuan Dan Pengajaran Sejarah, 24(1), 38–70.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Yogyakarta: Alfabeta.

Surmilasari, N. (2012). Pengembangan Lks Matematika Berbasis Perkalian Dua Matriks Di Kelas Xii Sma. (November), 978–979.

Warso, A. W. D. D. (2016). Pembuatan Buku, Modul, Diktat & Nilai Angka Kreditnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats