Efektifitas Metode Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Maria Ulpah, Zaenurrohman Zaenurrohman

Abstract


Pemahaman konsep matematika di SMP Negeri 2 Patikraja masih sangat rendah, terutama dalam pemahaman konsep bangun ruang. Berkaitan dengan hal ini, perlu adanya inovasi dalam penyampaian materi pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar di kelas yaitu reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan model reciprocal teaching dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Penelitian ini berjenis quasi experimen dengan menggunakan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Adapun instrument yang digunakan untuk mengukur pemahaman konsep adalah tes yang terdiri dari soal-soal uraian. Tes diberikan sebelum dan setelah pembelajaran, lalu dianalisis dengan menggunakan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini terlihat dari n-gain kelompok eksperimen yang berada pada kategori sedang yaitu 0.463, sedangkan rata-rata n-gain kelompok kontrol adalah 0.259 yang termasuk pada kategori rendah.

Kata kunci: pemahaman konsep, reciprocal teaching, matematika.


Full Text:

pdf

References


Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.

Hendriana, dkk. (2017). Hards Skills dan Soft Skills Matematika Siswa Bandung: PT Refika Aditama.

Kawedar, Widiya Pakartining, dan Qohar, M. A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Segitiga Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Kepanjen. Jurnal online Universitas Negeri Malang, 1(2).

Muslimin, Indaryanti, dan Susanti. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Model Reciprocal Teaching untuk Melatih Kecakapan Akademik Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1), 1-13

Prisiani, Devi, dkk. (2016). Pengaruh Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(2).

Rahayu, Setya. (2012). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education terhadapPemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 5 (3).

Shoimin, Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugyiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Tianingrum, Risna, dan Sopiany, H., N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA).

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.3749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats