PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Team Games Turnament) PADA MATERI PEMFAKTORAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Ranti Kurniasih, Ranti Kurniasih

Abstract


ABSTRAK

 

Pembelajaran matematika di Mts Wali Songo Ngabar kabupaten Ponorogo jenjang kelas VIII menunjukkan adanya permasalahan antara lain masih adanya kecenderungan kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered) dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran matematika yang inovatif dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran terasa menyenangkan. Salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah tipe pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) yang memadukan pembelajaran dengan permainan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di Mts Wali Songo Ngabar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT yang digunakan peneliti dengan melakukan modifikasi dari teori Slavin yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tahapan yang digunakan oleh peneliti adalah tahap penyajian kelas, tahap belajar tim,  tahap permainan, tahap turnamen dan tahap penghargaan

 

KEY WORD : Pembelajaran kooperatif tipe TGT, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). (7).1. Penerjemah Helly Prajitno Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suhardjono, & Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT

Bumi Aksara.

Arikunto, S. dan Jabar A.S.C. 2009. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis

Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. (2) Jakarta: Bumi Aksara.

Azal, Abdul Qadimul. 2007. Penerapan Pembelajaran kontekstual dengan Strategi Belajar

Kooperatif TGT untuk meningkatkan Ketrampilan proses Sains dan Hasil Belajar Siswa

Kelas VII MTS Tarbiyatun Nasyiin Pamekasan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program

Pasca Sarjana Universitas Malang.

Depdiknas. 2005. Ilmu Pengetahuan Alam. Materi Pelatihan Terintegrasi.

Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Drost, J.I.G.M. 1998. Sekolah: Mengajar atau Mendidik. Yogyakarta : Kanisius &

Universitas Sanata Dharma..

Hamalik, O. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan dan Mudjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi

Presindo.

Johnson &Johnson. 2010. Colaborative Learning Strategi Pembelajaran untuk

Sukses Bersama. Bandung: Nusamedia.

Kamdi, W. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang :Lembaga

Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Krismanto. 2000. Belajar Secara Kooperatif sebagai Salah Satu pembelajaan

Aktif. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Moleong, J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda

Karya

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda

Karya.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosda Karya.

Nurhadi, Yasin, & Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual

Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang:

Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press).

Nur, Mohamad dan Wikandari, P.R. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya:

Universitas Negeri Surabaya.

Nur, M.2005. Pembelajaran kooperatif. Surabaya: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Jawa

Timur. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan

Nasional.

Siregar, Eveline dan Hartini. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Cipta.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning. Teori, Riset dan Praktik. Bandung:

Nusa Media.

Soedjadi. 1991. Kerawanan Pengajaran Matematika Sekolah Dasar. Makalah

IKIP Surabaya. Surabaya: IKIP Surabaya.

Suciati. 2001. Taksonomi Tujuan Instruksional. Jakarta: Projek Pengembangan Universitas Terbuka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, N. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algesindo.

Susilo, H., Chotimah, H. & Sari D.Y. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang:

Banyumedia Publishing.

Tyas, Dewi Kristika Findyia. 2012. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif tipe TGT pada siswa kelas V SDN 07 Sumberpucung Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM

Trianto. 2006. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta:

Prestasi Pustaka.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi,

Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian.(5). Malang: Biro

Administrasi Akedemik, Perencanaan, dan Sistem Informasi bekerjasama

dengan Penerbit Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.3775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats