Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan disposisi matematik siswa
Abstract
Penelitian PTK ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan disposisi matematik siswa. Penelitian ini di lakukan di kelas 6 MI Manbaul Hikmah Tahun Pelajaran 2018-2019 semester ganjil dengan responden sebanyak 29 siswa. Penelitian PTK ini terdiri atas 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Data yang dianalisis merupakan data skala disposisi matematik. Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan disposisi matematik siswa dengan perolehan skor rata-rata kelas sebesar 76,04% termasuk dalam kategori baik. Rata-rata kelas disposisi matematik siswa mengalami kenaikan pada siklus II sebesar 13,91%.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Disposisi Matematik
Full Text:
PDFReferences
G. Daftar Pustaka
Amalina, E.N. dan Jupri, A. (2017). Analysis of students’ incorrect answers at scale materials in the fifth-grade of primary school. Journal of physics: Conf. Series 812 (2017) 012051. DOI 10.1088/1742-6596/812/012051
Feldhaus, C.A. (2014). How Pre Service Elementary School Teachers’ Mathematical Dispositions are Influenced by School Mathematics. American International Journal of Contemporary Research Vol. 4, No. 6; June 2014. 91-97.
Fua, La Jumardin. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Hubungan Manusia dan Lingkungan Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD) pada Kelas PAI-C Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari. Vol. 9 No. 1 2014. Hlm. 72-88.
Hall, K.L. (2016). The Mathematics disposition of middle school students: An examination of students’ self-concept of ability on mathematics. University of new englend. Tesis tidak diterbitkan.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifk dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Jumarniati dan Ekawati, Shandy. (2015). Pembelajaran matematika model kooperatif tipe jigsaw terhadap aktivitas belajar siswa. Proseding Seminar nasional. ISSN 2443-1109. Volume 03 Nomor 1 hlm. 193-470.
Kartono dan Rahayu, R. (2014). The effect of mathematical disposition toward problem solving ability based on ideal problem solver. International Journal of Science and Research (IJSR). Vol-3 Issue 10 Oktober 2014. ISSN: 2319-7064. Hlm. 1315 – 1318. (Online) tersedia www.ijsr.net Diakses 20 Maret 2017
Kilpatrick, J dan Swafford, J. (2001). Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Maelasari, E dan Jupri, A. (2017). Analysis student errors on devision of fraction. IOP Conf. Jornal of physics: Conf. Series 812 (2017) 012033, DOI 10.1088/174-6596/812/1/012033
Mahfud, Hasan dkk. (2015). pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan stad (student teams achievement devision) terhadap hasil belajar pips sd ditinjau dari kreativitas belajar mahasiswa PGSD. Jurnal Paedagogia, Vol. 18 No. 2 Tahun 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. ISSN 1026-4109. Hlm. 21-35
Munaji. (2017). Pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan literasi dan disposisi matematik siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. Tesis (tidak diterbitkan)
Muslim, A.P. (2016). Penerapan TAPPS disertai Hypnoteaching (Hypno-TAPPS) dalam meningkatkan disposisi matematis siswa SMP. Jurnal pendidikan Unsika, Volume 4 Nomor 1 2016, ISSN 2338-2996, 1-16.
Moloeng, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurhadi dkk. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.
Surabaya: Universitas Negeri Malang.
Sumarmo, U. (2014). Assesmen soft skill dan hard skill matematika siswa dalam kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam seminar pendidikan matematika di STAIN Batusangkar tanggal 14 September 2014 (hlm. 1 -30). Bandung : Pascasarjana STKIP Siliwangi
Susanto, P. (1999). Strategi Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Fathurrohman, Pupuh dan Sutikno, M. Sobry. (2010). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung : PT Refika Aditama
Wiriaatmadja, Rochiati. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.3960
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika