Pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Namlea
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Namlea. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas XI IMIA2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IMIA3 sebagai kelas eksperimen. Data diperoleh dari hasil belajar, angket dan lembar aktifitas siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah skor rata-rata hasil belajar (posttest) siswa kelas XI IMIA3 (eksperimen) adalah 89.30 dan skor rata-rata hasil belajar (posttest) siswa kelas siswa kelas XI IMIA2 (kontrol), nilai gain untuk kelas eksperimen adalah 0.75 sedangkan nilai gain untuk kelas kontrol adalah 0.60. hal ini menunjukan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvesional.
Full Text:
PDFReferences
Ali Mudlofir dan Evi Fatimatur Rusydiyah, Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik (Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers, 2016), Hal. 74.
----------------- Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik (Cet. I; Jakarta: Rajawali Pers, 2016), Hal. 73
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005), hal. 1
Abdullah, Irwan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika (Studi Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers Di Kelas XI Al Farisi SMA Negeri 2 Labakkang Boarding School) http://eprints.unm.ac.id diakses tanggal 15 Agustus 2018.
A Suyitno, Dasar-dasar Proses Pembelajaran 1, (Semarang: UNNES Press, 2004), hal. 2
Heruman, Model Pembelajaran Matematika, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007), hal. 4
Noer, Sri Hastuti. 2011. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1).
Sumartini, Tina Sri. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1)
Daryanto, Pendekatan Pembelajaran Saintifk Kurikulum 2013 (Cet. I; Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2014), Hal. 30.
Ngalimun, dkk., Strategi dan Model Pembelajaran (Edisi Revisi) (Cet. II ; Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016), Hal. 119.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011, h. 112.
Riduwan, Dasar-Dasar Statistik, Alfabeta:Bandung, 2003, h. 184
Trianto Ibnu Badar al-Tabany, Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual : Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TKI) (Cet. II; Jakarta: Kencana, 2015), Hal. 64.
Zainal Aqib, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, (Surabaya: Insan Cendekia, 2002), hal. 41
Zikri Neni Iska, Psikologi Pengantar Pemahaman Diri dan Lingkungan, (Jakarta: Kizi Brother’s, 2006). hal.76
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika