Pembelajaran operasi pecahan dengan model Make a Match dan permainan kartu domino pintar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran make a match dan permainan kartu domino pintar yang dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan serta mendeskripsikan besarnya peningkatan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Pembelajaran make a match diawali dengan mengelompokkan siswa secara heterogen. Masing-masing kelompok mendapatkan 4 kartu soal yang harus dipasangkan dengan kartu jawaban yang dipasang pada banner. Selanjutnya, permainan kartu domino pintar diawali dengan membagikan 12 keping kartu domino pintar. Setiap kelompok memasangkan antara soal dan jawaban yang terdapat pada setiap sisi kartu domino pintar. Persentase ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 17, 65%, pada siklus 1 sebesar 71,43%, dan pada siklus 2 sebesar 89,29%.
Kata kunci: make a match, kartu domino pintar, prestasi belajar.
Full Text:
PDFReferences
Fitri, M. A. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization dan Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Mtsn Model Padang. Economica Journal: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. 2(1), 39-49. DOI: 10.22202/economica.2013.v2.i1.216
Hamiyah, N. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ismail. M. I. 2011. Pemberian Rangkuman Sebagai Strategi Pembelajaran. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 1(1): 48-57. DOI: 10.30998/formatif.v1i1
Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Komariah, I, dkk. 2017. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Media Domat. Mushorafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3), 323-332. DOI: 10.31980/mosharafa.v6i3.321
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2013. Standart Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahaju. 2016. Pembelajaran Operasi Pecahan dengan Kartu Domino Pintar. JIPMAT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(2), 173-181. DOI: 10.26877/jipmat.v1i2.1244
Rahayu, A. Y. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Dengan Bercerita. Jakarta: PT. Indeks.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soleha. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematka Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Gayau Sakti Tahun Pelajaran 2014/2015. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1), 68-74. DOI: 10.24127/ajpm.v5i1.467
Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Sutikno, M. S. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Holistica.
Tukiran. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Who Wants To Be A Millionaire. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(3), 188-198. DOI: 10.33654/math.v3i3.71
Uno, H. B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Zakiyah, I. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. EduMa: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1), 32-43. DOI: 10.24235/eduma.v6i1.1660
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika