Kemampuan pemecahan masalah siswa menyelesaikan soal materi garis singgung lingkaran

Revi Kristianingsih

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal materi garis singgung lingkaran berdasarkan teori John Dewey. Dari analisis hasil pekerjaan subjek menunjukkan bahwa subjek pertama berinisial SE hanya mampu melalui tiga tahapan yaitu pengenalan, pendefinisian dan perumusan, namun belum mampu melewati tahap mencobakan dan evaluasi. Sedangkan subjek kedua dan ketiga dengan inisial SA dan SN mampu melalui seluruh tahapan pemecahan masalah John Dewey mulai dari pengenalan, pendefinisian, perumusan, mencobakan dan evaluasi. Bedasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa siswa diatas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bisa saja memiliki kemampuan yang berbeda dalam memecahan suatu soal masalah matematika.

Full Text:

PDF

References


Bekti, T. (2014). Profil Pemecahan Masalah Berbentuk Open-ended Berdasarkan Tahapan Polya pada Siswa SMP Negeri 5 Salatiga dalam Materi Lingkaran. Skripsi. Salatiga: Unversitas Kristen Satya Wacana.

Isnawati, N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khairiah, A. W. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Garis Singgung Lingkaran di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tanjung Kasau Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Polya, George. (1973). How To Solve It (A New Aspect of Mathematical Method). New Jersey: Princeton University Press.

Putra, H. D., dkk. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6 (2).

Rianto, V. M., dkk. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori John Dewey pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6 (7).

Riatmoko, F. I. (2018). Merasa Dikerjain Soal UN. Diakses dari https://kompas.id/baca/muda/2018/04/20/merasa-dikerjain-soal-un/.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Jurnal Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Yee, F.P. (2000). Open-ended Problem for Higher-order Thinking in Mathematics. Singapore: Institute of Education.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats