Pengembangan skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional untuk siswa kelas XI SMK

I Wayan Sumandya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional berukailtas valid, praktis dan evektif. Penelitian dilakukan di SMK Wira Harapan. Jenis penelitian yang digunakan adalaha penelitian dan pengembangan (Reseach dan Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE terdiri dari: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah skenario pembelajaran matematika berbasis vokasional berkualitas valid, praktis dan efektif. Berdasarkan penilaian para ahli materi menunjukan angka rata-rata 3,55 dan 3,42 untuk ahli pembelajaran, termasuk kriteria “valid”. Hasil Angket respons siswa pada tahap implementasi diperoleh rata-rata 3,68 dengan kriteria “praktis”. Skenario pembelajaran dikatakan efektif berdasarkan ketuntasan siswa sebesar 84,2% dari 38 orang siswa.


Full Text:

PDF

References


Jurnal, A., Matematika, P., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Valiabel Kelas VIII A . Pendahuluan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dewasa ini mengakibatkan suatu perubahan di berbagai bidang , ta. 10(1), 1–12.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Inpres Revitalisasi SMK sebagai Perekat Stakeholder 9.300 Smk. Edisi 4 Tahun 2017, 1–70.

Keuangan, L. P. (2014). Panduan penyusunan. 1–34.

Sumandya, I. W. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Persamaan Linier Berwawasan Pendidikan Matematika Realistik Berorientasi. Emasains, V(1).

Sumandya, I. W. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME ( Realistic Mathematic Education ) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. VII(1), 55–65.

Widana, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH), 2(1), 24–32. https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.74.

Zulfikar, Alimudidin. 2019. Cara Mengajar Lebih Efktif dengan Menggunakan PCK. Hafecs Pres. Kalimantan Selatan.

Abdul Malik, Dkk. 2018. General Education. Belmawa Ristekdikti. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats