Penerapan metode pembelajaran problem Based Learning dengan menggunakan pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMP dan MTs di Kabupaten Malang

Tyas Husadaningsih, Pangestuti Prima Darajats

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Subjek dalam penelitian yaitu guru kelas VII dan VIII dalam 4 SMP/MTs. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Model pembelajaran problem based learning menggunakan tahap-tahap yaitu tahap awal dengan penyampaian apersepsi, motivasi dan tujuan pembelajaran. Tahap inti yaitu (1) Orientasi,  (2) Mengorganisasikan, (3) Membimbing, (4) Presentasi, (5) Analisis dan Evalusi. Analisis observasi guru dan siswa kelas VII SMP Terpadu Turen yaitu aktivitas guru sebesar  dan siswa sebesar  observasi guru dan siswa kelas VIII yaitu aktivitas guru  dan siswa sebesar  Analisis observasi guru dan siswa kelas VII SMPI Sultan Agung yaitu aktivitas guru sebesar  dan siswa sebesar  observasi guru dan siswa kelas VIII yaitu aktivitas guru  dan siswa sebesar  Analisis observasi guru dan siswa kelas VII MTs Babussalam Banjarejo Pagelaran yaitu aktivitas guru sebesar  dan siswa sebesar  observasi guru dan siswa kelas VIII yaitu aktivitas guru  dan siswa sebesar  Analisis observasi guru dan siswa kelas VII MTs TMI Pujon yaitu aktivitas guru sebesar  dan siswa sebesar  observasi guru dan siswa kelas VIII yaitu aktivitas guru  dan siswa sebesar Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat mempermudah guru dalam menerapkan kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

References


Ason, Libertus. (2013). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Pakisaji. Mathematics Education Journal, 2(2), 45-63. Diakses dari https://ejournal.unikama.ac.id

Avida, Fitria. (2012). Penerapan pembelajaran berbasis masalah problem based learning menggunakan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi kelas VII A di SMP PGRI 01 Pakisaji. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(2), 1-12. Diakses dari https://ejournal.unikama.ac.id

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail, Husain. (2014). Peningkatan motivasi belajar matematika melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD Inpres Palupi. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(4), 343-350. Diakses dari https://media.neliti.com

Mushawwir, Muhammad Abdul. (2015). Studi tentang keterampilan guru dalam melaksanakan apersepsi pada pembelajaran PPKN di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Online Journal System kumpulan jurnal terbitan UNM, 12(1), 124-137. Diakses dari https://ojs.unm.ac.id

Prafitasari, Aulya Nanda. (2015). Heterogenitas Kemampuan Belajar Siswa Sebagai Dasar Pengembangan Model Pembelajaran Leader-TRACE (Training, Action, Evaluation), Seminar Nasional Fisika dan Pembelajaran 2015, Juli 4-11, 2015.

Rahmawati, Evi. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada kompetensi lingkaran kelas VII di SMP Negeri 2 Malang. Mathematics Education Journal, 65(8), 145-152. Diakses dari https://ejournal.unikama.ac.id

Silviani, Tri Rahmah dkk. (2017). Upaya meningkatkan minat belajar matematika siswa menggunakan inquiry based learning setting group investigation. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif (Kereano), 8(2), 150-161. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Metode Peelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori danAplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Surya, Yenni Fitra. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53. Diakses dari https://media.neliti.com

Wahyuddin. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbail. Jurnal Tadris Matematika BETA, 9(2), 148-160. Diakses dari https://jurnalbeta.ac.id

Yanti, Asrian Hirda. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 118-129. Diakses dari https://media.neliti.com




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats