PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 1 KASIMAN PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Anis Umi Khoirotunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP N 1 Kasiman pada pokok bahasan segiempat tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 1 Kasiman.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling.Dari 8 kelas terambil secara acak 2 kelas sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dari 30 siswa kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VII-F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 soal tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian yang sudah di uji validitas, dengan reliabilitas 0,81 merupakan reliabilitas sangat tinggi. Berdasarkan perhitungan uji prasarat diperoleh data yang normal untuk kelas kontrol dan eksperimen,  dari uji homogenitas  dan dengan taraf signifikansi 5% (tobs< ttabel ). Jadi diperoleh data yang homogen. Pada uji keseimbangan tobs = 0,002 sedangkan pada ttabel = 2,002 dengan taraf signifikansi 5% (tobs<ttabel ). Jadi diperoleh data seimbang. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh tobs = 2,637, sedangkan pada ttabel = 2,002 dengan taraf signifikansi 5% (tobs> ttabel ). Maka dari hasil perhitungan statistik tersebut H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP N 1 Kasiman pada pokok bahasan segiempat tahun pelajaran 2018/2019

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asikin, M. (2001). Komunikasi Matematika dalam RME. Makalah Seminar. Disajikan dalam Seminar Nasional RME di Universitas Sanata Darma Yogyakarta., 14-15 Nopember

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniawati, A. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran IPS Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 1-12.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika siswa. Jurnal Pendidikan Unsika , 13-23.

Sari, F. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Model Konvensional Pada Pokok Bahasan Program Linier Siswa Kelas X SMKN PGRI Jombang. Jombang: Tidak Diterbitkan.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta

Suryabrata, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.

Widiantari. (2012).Model Pembelajaran Konvensional. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.4917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats