Analisis Learning Obstacle Pembelajaran Luas Belah Ketupat untuk kelas VII SMP

nopi yanti, Ety Septiati, Nyiayu Fahriza Fuadiah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fokus guru menyampaikan materi mengacu pada dokumen bahan ajar berupa buku paket atau buku-buku referensi saja. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hambatan belajar yang terkait dengan materi belah ketupat SMP dan faktor-faktor penyebabnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Analisis LO  dilakukan dengan Analisis Kurikulum, Analisis RPP, Analisis Bahan Ajar, Wawancara terhadap guru mata pelajaran dan memberikan tes berupa tes diagnostik pada kelas VIII SMP Negeri 31 Palembang. Dari hasil analisis, hambatan yang ditemukan menunjukkan adanya ontogenical obstacles, didactical obstacles, dan epistemological obstacles pada pembelajaran belah ketupat. Berdasarkan Hasil Penelitian LO yang muncul adalah LO pada konsep garis yang tegak lurus, LO konsep satuan luas, dan  LO Konsep luas belah ketupat.


Full Text:

pdf

References


Annizar, E. K., & Suryadi, D. (2017).Desain Didaktis pada Konsep Luas Daerah Trapesium untuk Kelas V Sekolah Dasar.EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1): 22-33.

As’ari, A. R , dkk. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester II.Jakarta : CV. Putra Nugraha.

Darmawati, D., Irawan, E. B., & Chandra, T. D. (2017, June).Kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat berdasarkan teori Nolting.In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.

Dewi, Ulfiana, Purwo Susongko, & Eleonora Dwi W. (2017). Pengembangan Instrumentasi kesulitan belajar matematika siswa kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Warureja pada materi pokok segiempat dengan pendekatan teori respons butir tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan MIPA.1(1).90-98.

Fuadiah, N. F. (2015). Hypothetical Learning Trajectory Dan Peranannya Dalam Perencanaan Pembelajaran Matematika.SeminarNasional Matematika Universitas Malang : diselenggarakan oleh program studi pendidikan matematika, UMM, 5 september 2015 (382-387).

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah.Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13-24.

Fuadiah, N. F. (2017). Potential Effect Desain Didaktis Terhadap Penguasaan Konsep Dasar Bilangan Bulat Negatif.Seminar Nasional Universitas PGRI Semarang: Diselenggarakan oleh program studi pendidikan Matematika, Universitas Pgri Semarang, 12 Agustus 2017.( 244-250).

Khoiri, M.(2014). Pemahaman siswa pada konsep segiempat berdasarkan Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Pendidikan matematika, Diselenggarakan oleh program studi pendidikan matematika, Universitas Jember, 19 November 2014.(hal 262-267).

Meilina, A. (2013). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Belah Ketupat Pada Pembelajaran Matematika SMP (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Nurhamid, S. A., & Suryadi, D. (2017).Desain Didaktis Soal Cerita Operasi Hitung Campuran untuk Kelas III Sekolah Dasar.EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 1-11.

Risnanosanti.(2012). Hypothetical Learning Trajectory Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Di Kota Bengkulu.Prosiding Seminar Nasional matematika dan Pendidikan Matematika.Diselenggarakan oleh Program studi Pendidikan Matematika ,FMIPA Uny Yogyakarta, 10 November 2012. MP-747.

Sarah, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2017). Desain Didaktis Konsep Volume Limas pada Pembelajaran Matematika SMP berdasarkan Learning Trajectory.Journal of Mathematics Education Research, 1(1).

Suryadi, D. (2013). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika.In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 3-12). Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Siliwangi Bandung, 3 Agustus 2013.(3-12).

Suryadi, D. (2016). Didactical Design Research (DDR): Upaya Membangun Kemandirian berpikir melalui Penelitian Pembelajaran. Dalam Subroto,toto(Eds). Strategi Mengembangkan kualitas Pembelajaran matematika berbasis riset : Prosiding Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, diselenggarakan oleh program studi pendidikan matematika, Unswagati 6 februari 2016 (1-13).Cirebon:FKIP Unswagati Fress.Diakses dari

https://www.fkip-unswagati.ac.id › repository › article › download

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017).Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika.AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 76-86.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.4953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats