Memanfaatkan pendekatan Stem pada pembelajaran pola bilangan

haris Kurniawan, Eva Susanti

Abstract


Penelitian ini didasari pada fokus pembelajaran yang diinginkan pada kurikulum K13, serta arahan dari bapak menteri yang baru Nadiem Makarim yang ni memberikan pembelajaran yang lebih bermanfaat pada siswa dengan melakukan perubahan kecil dimulai dari kelas dan guru masing - masing, dan Hasil PISA 2018, dimana peringkat Indonesia dalam hal literasi matematika menurun. Untuk itu penelitian ini mengangkat ide menggunakan Pendekatan STEM pada pembelajaran matematika, dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk menggali dan menemukan pengetahuan dengan dasar pengetahuan yang dimilikinya dan dengan memanfaatkan unsur – unsur ilmu pengetahuan, budaya, keadaan yang ada disekitarnya. Peneliti menggunakan metode penelitian design research. Dengan 3 tahapan penelitian yakni preliminary, teaching experiment, retrospective analysis. Untuk melihat proses penggalian informasi yang siswa gunakan pada saat pembelajaran dengan menggunakan sebuah stimulus. Setelah mendapatkan informasinya kemudian peneliti memberikan sebuah tes atau evaluasi dengan tanpa menggunakan stimulus apapun.

Full Text:

PDF

References


A. et all. (2006). Educatin Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.

Mendikbud. (Desember 2012). Kurikulum 2013 dan Kompetensi dasar SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

R. W. Bybee. (2013). The Case for STEM Education : Challenges and Opportunities. Arlington: National Science Teachers Association (NSTA) Press.

Susanti, E., & Kurniawan, H. (2019). DESIGN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN STEM. SEMANTIK. Jogyakarta: UST Jogyakarta.

web kemendikbud, P. (2019, November 28). Pidato Mendikbud Nadiem Makarim pada Upacara Bendera Hari Guru Nasional. Retrieved Desember 02, 2019, from www.kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/pidato-mendikbud-pada-upacara-bendera-peringatan-hari-guru-nasional-tahun-2019




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.5342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats