EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HUMANISTIK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN CD INTERAKTIF MATERI SEGI EMPAT KELAS VII

Dina Prasetyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Humanistik dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan CD Interaktif Materi Segi Empat Kelas VII terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasy Experimental. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jakenan yang terdiri dari tujuh kelas paralel dengan satu kelas sebagai kelas unggulan dan enam kelas yang lain mempunyai kemampuan yang bisa diasumsikan setara. Dengan teknik sample ramdom sampling dipilih dua kelas, kelas VIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIG sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian meliputi aktivitas intelektual (X1) dan motivasi (X2) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Cara pengambilan data dengan observasi dan tes prestasi belajar. Olah data dengan uji banding t dan uji pengaruh regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dikatakan efektif yang ditandai oleh: a) nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen adalah 81,28 yang melebihi batas KKM 70; b) pengaruh aktivitas dan motivasi diperoleh persamaan artinya setiap aktivitas intelektual (x1) dan motivasi (x2) meningkat satu satuan maka prestasi belajar (Y) meningkat sebesar 1,844. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R square = 0,872 yang berarti 87,2% prestasi belajar peserta didik dipengaruhi secara bersama-sama oleh faktor aktivitas intelektual dan motivasi peserta didik.; dan c) rata-rata prestasi belajar kelas eksprimen sebesar 81,3 sedangkan pada kelas kontrol hanya 68,4, maka kelas eksperimen memiliki rataan nilai akhir lebih baik secara signifikan daripada rataan kelas kontrol.

Kata Kunci: Humanistik, Konstruktivisme,?é?á CD Interaktif, Efektif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v4i2/Septembe.546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats