ANALISIS STRUCTURAL EQUATION MODELING PADA PENGARUH KEBIASAAN MENGAKSES FACEBOOK TERHADAP KUALITAS HIDUP DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

N a l i m N a l i m

Abstract


Hadirnya media jejaring sosial Facebook di kalangan pelajar telah merubah cara mereka dalam berkomunikasi, berbagi informasi, membangun jejaring, menjaga relasi, berkencan, bahkan belajar. Kenyataan menunjukkan bahwa saat ini Facebook telah menjadi media jejaring sosial yang paling banyak digemari pelajar dan mahasiswa. Namun demikian, mengakses Facebook secara berlebihan dapat menguras waktu-waktu efektif penggunanya (Kuss & Griffiths, 2011).

Di satu sisi, Facebook dapat memberikan manfaat, seperti mendapatkan asistensi, bantuan konsultasi dari dosen atau sharing bahan kuliah, materi dan catatan kuliah (Ulusu, 2010). Namun di sisi lain, penggunaan Facebook bisa membuang waktu, dapat menyebabkan seseorang menunda dan merubah prioritas (Vivian, 2011), menyebabkan pemborosan (karena biaya tambahan untuk surfing di dunia maya), bahkan kecanduan (Kuss & Griffiths, 2011).

Penelitian ini berusaha mengetahui pengaruh Facebook terhadap kualitas hidup dan prestasi akademik mahasiswa. Sampel sebanyak 210 diambil dari tiga perguruan tinggi dengan metode multistage proportional random sampling, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software Lisrel 8.80 (student version).

Hasil penelitian menunjukkan, meskipun sesuai dengan dugaan peneliti bahwa Facebook memberikan pengaruh negatif terhadap kualitas hidup, namun pengaruh tersebut tidak signifikan. Hal ini terbukti dari nilai t sebesar -1.90 (lebih kecil dari 1,96). Demikian pula, dalam persamaan struktural yang dihasilkan, kualitas hidup dan Facebook secara bersama-sama memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap prestasi akademik (dengan nilai t berturut-turut adalah 0,69 dan -0,92).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v4i2/Septembe.553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats