PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS GURU DAN CALON GURU MATEMATIKA MENGGUNAKAN DIDACTICAL DESIGN RESEARCH (DDR)

Kartinah Kartinah

Abstract


Pedoman evaluasi sangat dibutuhkan untuk menstandarkan kualitas pembelajaran matematika. Pedoman evaluasi digunakan untuk menilai kualitas guru matematika yang berupa rubrik penilaian kemampuan matematis. Oleh sebab itu tujuan khusus penelitian ini adalah membuat pedoman evaluasi kemampuan matematis guru matematika, khususnya kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis. Keluaran penelitian ini adalah rubrik penilaian kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh guru dan calon guru. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Rubrik penilaian kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis dirancang dengan menganalisis tujuan mata pelajaran matematika, materi dan teori belajar. Draf rancangan awal ini divalidasi oleh ahli dan diuji coba secara berulang kali kepada calon guru matematika di kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dan validasi dari ahli, maka dihasilkan suatu rubrik penilaian kemampuan penalaran dan kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh guru dan calon guru.

Kata Kunci:?é?á?é?á?é?á Kemampuan penalaran, kemampuan komunikasi matematis, DDR.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v5i1/MARET.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats