Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship

Madensi Selan, Farida Daniel, Urni Babys

Abstract


Literasi matematis merupakan kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis, menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat bantu matematika untuk mendeskripsikan suatu fenomena atau kejadian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan kajian tentang kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship. Penelitian dilakukan di SMA Efata Soe dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X Mia 1 sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan hanya sebagian kecil siswa yang mampu mencapai semua indikator literasi matematis yaitu mengidentifikasi aspek-aspek matematika, mengubah ke dalam model matematika, merancang model untuk menemukan solusi dan menafsirkan hasil matematika ke dalam konteks dunia nyata. Sebagian besar siswa hanya mampu menyelesaikan soal sampai pada tahap membuat model, menerapkan rancangan model dan masih kesulitan dalam menemukan solusi yang tepat dan menafsirkan ke dalam konteks dunia nyata. Penyebab kesulitan tersebut karena dalam pembelajaran siswa kurang dibiasakan mengerjakan soal-soal latihan maupun tugas berkarakteristik PISA yang membutuhkan  kemampuan literasi matematis dalam penyelesaiannya.

Full Text:

PDF

References


Asmara, A. S., Waluya, St. B. dan Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X berdasarkan Kemampuan Matematika. Scholaria, 7 (2):135-142.

Ayuningtyas, N. (2017). Profil Literasi Matematis Konten Change and Relationship Siswa Kelas X ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Edukasi, 3 (1):99-109.

Jufri, L. H. (2015). Penerapan Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Level 3 pada Siswa Kelas VIII SMPN 27 Bandung. Lemma, 2 (1):52-62.

Nariyati, R. Y., Halini dan Ahmad, BS. D. (2017). Literasi Matematis Siswa pada Konten Change and Relationship ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6 (9):1-9.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

OECD. (2016). PISA 2015 Asessment and Analytical Framework: Science, Reading, Matematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Pakpahan. (2016). Faktor-faktor yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia dalam PISA 2012. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1 (3) :331-348.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Setiawan, H., Dafik dan Lestari, N. D. (2014). Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Jember. 19 November 2014.

Tasyanti., Wardono dan Rochmad. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Kecerdasan Emosional Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (1): 334-346.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wati, E. H. dan Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship”. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I). Surakarta 12 Maret 2016.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats