Pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari KAM siswa

Agus Rifa'i

Abstract


Pemahaman  matematis  di  MTs Al Ulya Al Mubarok Kota Serang masih  sangat rendah, terutama dalam pemahaman materi bilangan bulat dan pecahan. Berkaitan dengan hal ini, perlu adanya inovasi dalam penyampaian materi pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model  pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam proses belajar dengan ini kita perlu menggunakan model pembelajaran, PBL merupakan sebuah model pembelajaran yang inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif peserta didik untuk memecahkan sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan model PBL dalam  meningkatkan pemahaman matematis siswa MTs. Penelitian ini berjenis quasi experimen dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group design. Adapun instrument yang  digunakan untuk mengukur pemahaman adalah  tes  yang  terdiri  dari  soal-soal uraian. Tes diberikan sebelum dan setelah  pembelajaran,  lalu  dianalisis   dengan  menggunakan anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL lebih efektif dalam  meningkatkan pemahaman matematis  siswa.  Hal  ini  terlihat  dari  hasil ata-rata nilai posttes kelompok eksperimen adalah 75,33, sedangkan rata-rata  nilai posttes kelompok  kontrol  adalah  71,07.

Full Text:

PDF

References


Akbar, R., Hawadi, R. S. D. ., & Mardi, W. (2001). Kreativitas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Hendriana, H. Rahmat S.U. dan Sumarmo, U. (2014). Mathematical Connection ability and self Confidence (An experiment On Junior Hight School student Throught Contextuan Taeching and Learning with Mathematical Manipulative). International Jurnak of Education. 8. (1).

Indah Lestari, S. L. K. (2018). Indah Lestari, Siti Laelatul Khaeriyah p-ISSN 2442-3041; e-ISSN 2579-3977 MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. 4(3), 210–219.

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineke Cipta.

Nita, A. A., Busnawir, & Fahinu. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Concept attainment Dan Problem based learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.36709/japend.v1i1.11431

Nurhayati, Y. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Skripsi STKIP. Garut: Tidak diterbitkan.

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika ( KAM ). 3(2), 207–215.

Sefrinal, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Sutera. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(2), 149–154. https://doi.org/10.34125/kp.v4i2.417

Sugyiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yusri, A. Y. (2018). Desain Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Bruner Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika 2, 2(2), 147–158




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.6950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats