Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar

Rofi Rhyana Dwi Anggraini, Aan Hendroanto, Aan Hendroanto

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam pendidikan matematika, dikarenakan kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dalam pendidikan matematika. Salah satu faktor yang mempengarui pemecahan masalah adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemetaan gaya belajar kelas VIIIA serta untuk mengetahui profil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 2 Godean ditinjau dari gaya belajar.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu sebanyak 6 orang siswa kelas VIIIA dimana masing-masing type gaya belajar diwakili oleh 2 orang siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 27 siswa terdapat 16 (59%) siswa bergaya belajar visual, 4 (15%) siswa gaya belajar auditorial, 5 (19%) siswa gaya belajar kinestetik, dan 2 (7%) diantaranya V-A-K. Kemampuan penyelesaian masalah pada siswa visual mampu melaksanakan hingga tahap ketiga polya (pemahaman masalah, penyusunan rencana, dan melaksanakan rencana), siswa auditorial mampu melaksanakan tahap hingga tahap ketiga (pemahaman masalah, penyusunan rencana, dan melaksanakan rencana), namun subjek A2 tidak melaksanakan tahap 2 yaitu penyusunan rencana, siswa kinestetik melaksanakan hingga ke tahap 3 (pemahaman masalah, penyusunan rencana, dan melaksanakan rencana). Ketiga subjek sama-sama tidak melaksanakan tahap 4 yaitu memeriksa kembali.

Full Text:

PDF

References


Amalia, Sofri Rizka. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. AKSIOMA. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1,)17-30.

Argarini, Dian Fitri. (2018). Analisis Pemecahana Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 6 (1), 91-99

Deporter, Bobbi, & Hertnacki, M. (2015). Quantun Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Gunawan, Adi W. (2003). Born To Be a Genius. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, Adi W. (2004). Genius Learning Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama..

Lambertus. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemanpuan Pemecahan Masalah, Komunikasi dan Representasi Matematis Siswa SMP. Disertasi.Bandung: FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

OECD. 2019. PISA 2018 result. Country Note, Programme for International Student Asseaament (PISA) Result for PISA 2018. Tersedia di http//dx.doi.org/. [diakses pada tanggal 15 September 2020].

Polya, G. 1985. How to Solve It: A New Aspect Of Mathematics Method. Princentn and Oxford: Princenton University Press

Safitri, Febrina Audia. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan PQRST (Preview,

Question, Re-Write, Solve, Test) pada Siswa SMP. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats