Meta analisis pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika SD

Nurul Fahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika SD. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini merupakan metode meta analisis. Penelitian ini diawali dengan merumuskan topik penelitian, lalu dari topik penelitian tersebut dikembangkan lagi menjadi rumusan masalah penelitian, dan pada tahap akhir yaitu menelusuri artikel yang relevan guna pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara menelusuri artikel yang terdapat pada jurnal online yang sudah terindex dalam Google Scholar, dan bersetifikat Sinta. Dari hasil penelusuran selanjutnya, kemudian diambil 10 artikel yang diterbitkan pada jurnal online yang akan dijadikan dasar dalam penelitian ini dengan kata kunci pencarian “Numbered Head Together (NHT)”, “hasil belajar matematika”, dan “pembelajaran matematika SD”. teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Paired Sample T-Test melalui bantuan SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai sig. 0.000 < 0.05 yang artinya H1 diterima dan dapat dikatakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) ini berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa SD.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats