Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 surabaya

Rani Kurnia Putri, Dinda Inggit Prasesti Roichan

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya siswa dalam kemampuan pemecahan masalah matematika. Agar kemampuan pemecahan masalah matematika siswa tidak rendah maka dibutuhkan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun rumusan  masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Negeri 15 Surabaya”. Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA Negeri 15 Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas XI SMA Negeri 15 Surabaya tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI-IPA 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI-IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data nilai thitung adalah 2,15. Dengan menggunakan taraf signifikan α = 5% dan dengan derajat kebebasan (dk) = 63, ttabel = 1,9983, karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMAN 15 Surabaya.

Full Text:

PDF

References


Lestari P D, Dwijanto, P Hendikawati.(2016). Keefektifan model problem-based learning dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik kelas vii. UNNES Journal of Mathematis Education, 5(2), 146-153. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/11405/6859, diunduh 15 Mei 2019

Permendikbud.(2014). Kurikulum 2014 PMP Matematika SMA. Jakarta: Permendikbud.

Yanti, Asria Hirda.(2017). Penerapan model problem based learning (pbl) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama lubuklinggau.Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Universitas Bengkulu, 2(2), 118-129.

Yusri. A .Y.(2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal “Mosharafa”, 7(1), 51-62. Diakses dari http://emosharafa.org/index.php/mosharafa52 Jurnal.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats