EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERBASIS BERPIKIR ANALISIS PADA MATERI ANALISIS KOMPLEKS

Rasiman Rasiman, FX. Didik Purwosetiyono, MAYA RINI RUBOWO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbasis Berpikir Analisis Pada Materi Analisis Kompleks Semester VII terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasy Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester gasal 2012/2013 Semester VII IKIP PGRI Semarang yang terdiri dari sembilan kelas. Dengan teknik purposive sampling dipilih dua kelas, kelas VIIG sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian dalam penelitian ini yaitu aktivitas mahamahasiswa (X) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Cara pengambilan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Olah data dengan uji banding dan uji pengaruh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran?é?á mencapai efektif yang ditandai oleh: a) Rataan aktivitas dan nilai akhir mahasiswa secara individu melebihi KKM=70, dan secara klasikal lebih dari 85% mahasiswa memperoleh nilai 65, diperoleh rataan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa mencapai ketuntasan, b) Pengaruh aktivitas terhadap nilai akhir dengan persamaan ?é?áartinya variable aktivitas (X) memberikan pengaruh positif terhadap nilai akhir (Y) juga dengan R Square 1,000 artinya variable aktivitas (X) memberikan kontribusi terhadap nilai akhir (Y) sebesar 67,4 %, c) Rataan kelas eksperimen sebesar 75,33 dan kelas kontrol sebesar?é?á 72,56, maka kelas eksperimen memiliki rataan nilai akhir lebih baik secara signifikan dari pada rataan kelas kontrol.

Kata Kunci : Konstruktivisme, Berpikir Analisis, Analisis Kompleks,?é?á Efektif




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v4i1/MARET.747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika ISSN 2086-2725 (Print), ISSN 2579-7646 (online)

 

 

View Aksioma Stats